PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKn di MTs AL-HIDAYAH SADENG, KOTA SEMARANG


Zulkifli Alamsah Sutanto, 3301418062 (2022) PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKn di MTs AL-HIDAYAH SADENG, KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301418062 - Zulkifli Alamsah Sutanto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 membedakan standar isi terbagi menjadi dua, untuk pendidikan dasar dan menengah. Tingkatan ini, atas dasar kompetensi generik dan kompetensi spesifik yang dikenal dengan kompetensi dasar (KD) dan kompetensi inti (KI). Setiap kompetensi memiliki karakteristik yang berbeda berdasarkan materi dan tingkatan di dalam pembelajarannya. Dalam kompetensi inti (KI) terdapat komponen sikap, terbagi menjadi dua yaitu sikap spiritual dan sosial. Pembentukan sikap sosial peserta didik memberikan kompetensi sesuai dengan tingkatannya, meningkatkan daya berpikir kritis terhadap materi, serta dapat mengatasi permasalahan maupun pelanggaran yang berhubungan dengan sikap sosial. Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) pembentukan sikap sosial peserta didik dalam pembelajaran PPKn di MTs Al-Hidayah Sadeng Kota Semarang; (2) peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap sosial peserta didik berkaitan dengan pembelajaran PPKn di MTs Al-Hidayah Sadeng Kota Semarang; (3) dampak pembentukan sikap sosial peserta didik dalam pembelajaran PPKn di MTs Al-Hidayah Sadeng Kota Semarang. Penelitian menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif. Sasaran penelitian meliputi peserta didik kelas IX A, guru PPKn, kepala sekolah dan waka kesiswaan di MTs Al-Hidayah Sadeng, Kota Semarang. Teknik pengumpulan data mengggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi tata (data reduction), penyajian data/ display dan verifikasi data (conclusions drawing/verifying). Hasil Penelitian menunjukan bahwa dalam pembentukan sikap sosial peserta didik dalam pembelajaran PPKn di MTs Al-Hidayah Sadeng, Kota Semarang adanya indikator yang meliputi kejujuran, kedisiplinan, toleransi dan sopan santun. Selanjutnya, peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan penting untuk membentuk pembentukan sikap sosial yaitu membimbing, melakukan pembinaan dan mendidik peserta didik. Sehingga akan mempengaruhi adanya dampak pembentukan sikap sosial yaitu meliputi dampak psikologis dan sosial. Saran penelitian adalah 1) peserta didik sebaiknya berlatih untuk membuat tabel indikator sikap sosial di kelas masing-masing apabila telah melaksanakan pembentukan sikap sosial 2) guru PPKn lebih aktif membuat lembar penilaian di dalam pembelajaran PPKn berhubungan dengan indikator pembentukan sikap sosial. 3) sekolah menunjang, memfasilitasi, dan membuat peraturan yang berkaitan dengan pembentukan sikap sosial kepada peserta didik maupun guru PPKn di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Sikap Sosial, Peserta Didik, Pembelajaran PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:58
Last Modified: 09 Feb 2023 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56175

Actions (login required)

View Item View Item