PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI MELALUI PRESTASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 BOJONG TAHUN AJARAN 2021/2022)


Muhammad Reza Elwinanda, 7101417257 (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI MELALUI PRESTASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 BOJONG TAHUN AJARAN 2021/2022). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417257 - Muhammad Reza Elwinanda vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan komponen yang sangat penting bagi suatu negara. Di Indonesia terdapat 3 Pendidikan Menengah yaitu, SMA, MA dan SMK. Tujuan utama SMA yaitu mempersiapkan peserta didik untuk bersaing di perguruan tinggi, namun kenyataannya tidak banyak lulusan SMA yang melanjutkan ke perguruan tinggi dan memilih bekerja. Berdasarkan hasil observasi terhadap data lulusan siswa di SMA Negeri 1 Bojong menunjukan bahwa minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 1 Bojong tergolong rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui prestasi belajar sebagai variabel intervening pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bojong tahun ajaran 2021/2022. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri Bojong tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 309. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 175 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportional random sampling. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis jalur, uji sobel, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan lingkungan teman sebaya tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui prestasi belajar. Simpulan penelitian ini adalah minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya. Prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya. Variabel prestasi tidak dapat memediasi variabel motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan lingkungan teman sebaya. Saran yang diberikan agar pihak sekolah memberikan motivasi dan memberikan informasi mengenai perguruan tinggi secara lebih detail kepada siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya, Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:43
Last Modified: 09 Feb 2023 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56174

Actions (login required)

View Item View Item