PENGARUH ADVERSITY INTELLIGENCE, TECHNICAL SKILL, DAN KREATIVITAS TERHADAP INTENSI MAHASISWA CALON GURU EKONOMI MENJADI TEACHERPRENEURSHIP DENGAN SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Dwi Rahmi Apriliani, 7101417020 (2021) PENGARUH ADVERSITY INTELLIGENCE, TECHNICAL SKILL, DAN KREATIVITAS TERHADAP INTENSI MAHASISWA CALON GURU EKONOMI MENJADI TEACHERPRENEURSHIP DENGAN SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Sekarang ini dunia memasuki era society 5.0 dimana diperlukan sumber daya manusia yang benar-benar berkompeten untuk bersaing di dunia kerja dan mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi perkembangan dunia yang semakin cepat. Oleh karena itu diperlukan guru yang memiliki kemampuan yang baik untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dan dapat bersaing di dunia pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh adversity intelligence, technical skill, dan kreativitas terhadap intensi mahasiswa calon guru ekonomi menjadi teacherpreneurship secara langsung dan tidak langsung melalui self�efficacy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam penelitian eksplanatori. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017 dengan sampel sebanyak 160. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner tertetutup yang diberikan kepada responden melalui google formulir. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya 1) pengaruh positif dan signifikan secara langsung adversity intelligence, technical skill, dan self-efficacy terhadap intensi menjadi teacherpreneurship dengan nilai secara berturut-turut sebesar 0,037; 0,072; 0,145. 2) pengaruh negatif dan tidak signifikan secara langsung kreativitas terhadap intensi menjadi teacherpreneurship dengan nilai -,014. 3) pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung adversity intelligence, technical skill, dan kreativitas terhadap intensi menjadi teacherpreneurship melalui self-efficacy dengan nilai secara berturut-turut 0,023; 0,046; 0,043. Simpulan dari penelitian ini yaitu intensi menjadi teacherpreneurship dipengaruhi oleh adversity intelligence, technical skill, dan kreativitas baik secara langsung maupun tidak langsung melalui self-efficacy. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah intensi menjadi
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : adversity intelligence, technical skill, kreativitas, self-efficacy intensi menjadi teacherpreneurship |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 01:40 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 01:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56172 |
Actions (login required)
View Item |