DAMPAK GAME ONLINE PADA KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA SMP NEGERI 11 SEMARANG SAAT MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SEMARANG


Mohammad Abdul Rozak, 3301418059 (2022) DAMPAK GAME ONLINE PADA KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA SMP NEGERI 11 SEMARANG SAAT MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301418059 - Mohammad Abdul Rozak.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Siswa pemain game online mengalami kenaikan yang sangat pesat saat terjadinya pandemi Covid-19, hal ini dikhawatirkan berdampak pada karakter peduli sosial siswa. Dampak tersebut dikarenakan, game online dapat membuat siswa menjadi kecanduan, sehingga mengurangi interaksi sosial siswa. Karakter peduli sosial harus dimiliki siswa karena, melalui karakter peduli sosial siswa dapat mengamalkan kebiasaan hidup yang peduli serta berempati terhadap sesama, dan selalu tanggap terhadap orang lain yang kesulitan. Tujuan penelitian ini mengetahui besar pengaruh dan dampak game online pada karakter peduli sosial siswa SMP Negeri 11 Semarang saat masa pandemi Covid-19 di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan mix metod (metode campuran). Objek penelitian meliputi siswa SMP Negeri 11 Semarang, berjumlah 770 dan diambil sample sebanyak 89 siswa. Dengan variable independent game online dan variabel dependen karakter peduli sosial. Metode pengumpulan data berupa: angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengujian validitas mengunakan rumus korelasi Product Moment dan Pengujian reliabilitas dengan internal consistency mengunakan SPSS 26. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif dan mengunakan SPSS 26 untuk uji normalitas, linieritas dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh game online (X) terhadap karakter peduli sosial (Y). Pengaruh variabel bebas (game online) terhadap variabel terikat (karakter peduli sosial) adalah sebesar 85%. Penurunan karakter peduli sosial siswa SMP Negeri 11 Semarang dikarenakan dampak dari bermain game online. Hal ini disebabkan kurangnya pengawasan dari guru dan orang tua mengenai aktifitas dari siswa termasuk aktifitas bermain game online. Selain itu, kurang optimalnya pembelajaran yang ada dikarenakan pola pembelajaran online yang kurang adanya interaksi antara guru dan siswa Simpulan penelitian ini adalah bermain game online berhubungan dan berpengaruh memberikan dampak yang cenderung negatif terhadap karakter peduli sosial. Saran yang diberikan peneliti adalah 1. Segenap dewan guru SMP Negeri 11 Semarang agar lebih extra dalam mengawasi peserta didiknya agar tidak kecanduan game online, setelah di berlakukannya pembelajaran tatap muka secara penuh segenap dewan guru agar menanamkan nilai karakter peduli sosial kepada para murid. 2. Bagi siswa SMP Negeri 11 Semarang diharapkan agar mengurangi frekuensi bermain game online dan lebih bijak dalam menggunakan waktu luangnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game Online, Karakter Peduli Sosial, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:06
Last Modified: 09 Feb 2023 01:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56169

Actions (login required)

View Item View Item