PENGEMBANGAN BOOKLET KEKAYAAN ARTHROPODA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI


Rony Dian Hendra Setyawan, 4401417052 (2022) PENGEMBANGAN BOOKLET KEKAYAAN ARTHROPODA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401417052 - Rony Dian Hendra Setyawan vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki pengaruh yang besar terhadap dunia pendidikan. Pendidik dituntut untuk dapat meningkatkan inovasi dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah penggunaan dan pemilihan media pembelajaran yang efektif serta efisien. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan guru Biologi SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta, pembelajaran Biologi selama pandemi belum dapat terlaksana secara optimal karena berbagai hambatan seperti mindset dan keaktifan peserta didik untuk belajar secara mandiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, respon, serta keterbacaan booklet keanekaragaman arthropoda Sungai Bengawan Solo kawasan Kabupaten Sukoharjo berdasarkan hasil pengembangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Data yang dihimpun berupa data kuantitatif yang didapatkan dari hasil pengolahan data kekayaan arthropoda, penilaian angket, dan uji rumpang. Selain itu, terdapat pula data kualitatif yang didapatkan dari hasil wawancara guru dan respon pada angket. Penelitian terkait dengan respon dan keterbacaan peserta didik dilakukan di SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta dengan responden dari kelas X IPA 2 sebanyak 28 peserta didik. Booklet yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi yang memiliki kompetensi dibidangnya. Adapun rata-rata skor yang didapatkan dari hasil penilaian oleh ahli media adalah 93,75% dan skor oleh ahli materi adalah 83,33% dengan kriteria sangat baik pada kedua penilaian (P ≥ 81%). Respon guru dan peserta didik didapatkan melalui metode angket. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa booklet sangat baik untuk digunakan dengan skor 88,12% oleh guru dan 88,38% oleh peserta didik melalui uji coba skala kecil. Selain itu, dilakukan pula uji keterbacaan melalui tes rumpang yang dilakukan oleh peserta didik. Adapun data yang didapatkan adalah 75% peserta didik tergolong dalam kemampuan pemahaman yang sangat baik terhadap isi booklet dan 85,71% peserta didik termasuk dalam pembaca independen yang dapat memahami isi booklet tanpa adanya interaksi edukasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa booklet keanekaragaman arthropoda Sungai Bengawan Solo valid dan sangat baik untuk dapat digunakan sebagai suplemen belajar bagi peserta didik kelas X IPA pada materi keanekaragaman hayati. Selain itu, booklet juga dapat digunakan sebagai suplemen belajar yang dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Booklet, arthropoda, sumber belajar, keanekaragaman hayati.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Feb 2023 04:11
Last Modified: 08 Feb 2023 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56165

Actions (login required)

View Item View Item