PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA MANUSIA


Bisri Ramadani, 4401417041 (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA MANUSIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401417041 - Bisri Ramadani vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan teknologi saat ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran daring yaitu sebagai penyedia berbagai sumber belajar. LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan siswa dalam pembelajaran. E-LKPD yang berbasis PBL (Problem Based Learning) dapat diterapkan dalam pembelajaran biologi pada materi sistem indra manusia yang terdapat adanya kegiatan praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-LKPD berbasis PBL, menguji kelayakan dan kepraktisan serta keefektifan media dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Uji kelayakan dilakukan oleh para ahli dan uji keterbacaan e-LKPD. Potensi e-LKPD dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa diperoleh dari hasil pekerjaan siswa dan hasil posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan e-LKPD menurut ahli media dan materi adalah 71,15% (layak) dan 85,57% (sangat layak). Keterbacaan e-LKPD menurut siswa adalah 80,12% (layak). Hasil pekerjaan siswa dalam mengerjakan e-LKPD menunjukan kategori baik dengan presentase 80,31% (XI MIPA 4) dan 82,83% (XI MIPA 6). Dan hasil rata-rata posttest kedua kelas mendapatkan presentase 94,11 % dan 91,17 %. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa e-LKPD Berbasis PBL yang telah dikembangkan layak, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, PBL, Pemahaman Konsep, Sistem Indra Manusia
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Feb 2023 04:08
Last Modified: 08 Feb 2023 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56164

Actions (login required)

View Item View Item