PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL-STEM BERBASIS KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR PRODUKTIF DAN INOVATIF SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN


Nurul Yuni Asih, 4401417013 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL-STEM BERBASIS KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR PRODUKTIF DAN INOVATIF SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401417013 - NURUL YUNI ASIH vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Materi perubahan lingkungan merupakan materi yang diajarkan dikelas X SMA pada semester genap. Materi yang diajarkan secara garis besar membahas tentang analisis data, penyebabnya, dan dampak dari perubahan lingkungan, serta mengajukan gagasan tentang pemecahan masalah perubahan lingkungan sesuai konteks permasalahan lingkungan di masyarakat. Materi perubahan lingkungan memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan berpikir produktif dan inovatif apabila diajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL-STEM berbasis kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran PjBL-STEM berbasis kewirausahaan terhadap kemampuan berpikir produktif dan inovatif siswa pada materi perubahan lingkungan. Berpikir produktif dalam penelitian ini meliputi (1) pembelajaran regulasi diri; (2) berpikir kritis; dan (3) berpikir kreatif. Kemampuan berpikir inovatif dalam penelitian ini meliputi indikator (1) pemecahan masalah; (2) kemampuan berpikir secara luas; (3) kemampuan diri; (4) kemampuan sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Posttest only with non equivalent grup. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 56 siswa, data dikumpulkan melalui tes berupa hasil posttest. Data pengamatan yang diperoleh dianalisis statistik dengan menggunakan Uji Independent Sample t Test untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan rata-rata antara kelompok penelitian dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen 93% siswa memiliki nilai diatas KKM sedangkan pada kelas kontrol 75% siswa memiliki nilai diatas KKM. Hasil analisis Uji Sample t Test menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata antara kelas yang menggunakan model pembelajaran PjBL-STEM berbasis kewirausahaan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran ceramah yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL-STEM berbasis kewirausahaan terhadap kemampuan berpikir produktif dan inovatif siswa pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model PjBL-STEM berbasis kewirausahaan, produktif, inovatif, materi perubahan lingkungan.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Feb 2023 04:05
Last Modified: 08 Feb 2023 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56163

Actions (login required)

View Item View Item