PENGEMBANGAN ATLAS JARINGAN VERTEBRATA SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA DI SMA
Muhammad Kurnia Ramadhan, 4401416030 (2022) PENGEMBANGAN ATLAS JARINGAN VERTEBRATA SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Laporan hasil ujian nasional pada website kementerian pendidikan dan kebudayaan menunjukkan bahwa persentase siswa menjawab benar pada soal materi jaringan dan organ hewan di SMA Negeri 4 Pekalongan pada tahun 2019 sebesar 22,62%, tahun 2018 sebesar 29,79%, tahun 2017 sebesar 32,56%, dan tahun 2016 sebesar 59,86%. Data tersebut menunjukkan penurunan pada tiap tahun dan masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan materi lain. Data observasi awal yang dilakukan kepada 70 siswa menggunakan angket menunjukkan bahwa 85,71% siswa mengalami kendala dalam pembelajaran secara daring dan 90% siswa merasa jenuh dalam pembelajaran secara daring. Selain itu, diperoleh juga data 67,14% siswa merasa kesulitan dalam pembelajaran biologi, 55,71% siswa merasa bahan ajar yang digunakan tidak cukup untuk belajar, dan 41,42% siswa merasa bahan ajar yang digunakan tidak menarik. Data wawancara awal kepada guru biologi menunjukkan bahwa materi yang sulit diajarkan dalam pembelajaran secara daring adalah materi yang terdapat kegiatan praktikum. Materi jaringan dan organ hewan termasuk sebagai materi yang terdapat kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan atlas jaringan vertebrata sebagai suplemen bahan ajar yang teruji kelayakan (materi, media, dan bahasa), serta dapat meningkatkan self-regulated learning siswa di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atlas jaringan vertebrata sebagai suplemen bahan ajar yang dikembangkan memenuhi standar kelayakan menurut validator ahli materi, validator ahli media, guru biologi, dan tanggapan 12 siswa dengan kriteria sangat layak. Selain itu, atlas jaringan vertebrata sebagai suplemen bahan ajar juga dapat meningkatkan self-regulated learning siswa di SMA. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase jumlah siswa dengan N-gain kriteria tinggi sebesar 54%, kriteria sedang sebesar 4%, dan kriteria rendah sebesar 40%
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | atlas jaringan vertebrata, penelitian pengembangan, self-regulated learning, suplemen bahan ajar |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 03:55 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 03:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56160 |
Actions (login required)
View Item |