PENGEMBANGAN INTERACTIVE POCKET BOOK BERBASIS DIGITAL APP MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI


Dwi Gunarti Aji, 4401416003 (2022) PENGEMBANGAN INTERACTIVE POCKET BOOK BERBASIS DIGITAL APP MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401416003 - Dwi Gunarti Aji vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Variasi media pembelajaran masih sangat diperlukan di SMA Negeri 1 Rembang pada mata pelajaran biologi, terutama media yang mampu membantu peserta didik untuk belajar mandiri dan mendorong motivasi peserta didik untuk belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interactive pocket book berbasis digital APP yang dapat diakses menggunakan smartphone dengan operating system android untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini adalah penelitian Research and Developement. Data yang diambil dalam penelitian ini meliputi validitas, dan kepraktisan, media yang dikembangkan serta efektivitasnya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Metode pengambilan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Media interactive pocket book berbasis digital APP diujicobakan di SMA Maarif Karangmoncol untuk uji skala kecil pada 10 siswa kelas XI dan uji skala besar di SMA Negeri 1 Rembang, Kabupaten Purbalingga pada 3 kelas, yaitu XI MIPA 2, 3 dan 4. Hasil penilaian validitas media interactive pocket book berbasis digital APP oleh ahli media dan materi, yaitu 93,75% dan 90%, dengan persentase total 91,88% (sangat valid). Perolehan penilaian kepraktisan berdasarkan tanggapan guru dan siswa, yaitu 93,75% dan 95%, dengan rata-rata 94,3% (sangat praktis). Efektivitas motivasi belajar siswa berdasarkan perolehan rata-rata tanggapan siswa tiap kelas, yaitu XI MIPA 2= 92.20%, XI MIPA 3= 90.40%, dan XI MIPA 4= 86.40%, dengan rata-rata total 89.6% termasuk kategori sangat meningkatkan. Efektivitas hasil belajar berdasarkan perolehan skor rata-rata N-gain tiap kelas lebih dari 0,30 dan kurang dari 0,70, yaitu XI MIPA 2 = 0.86, XI MIPA 3 = 0.82, dan XI MIPA 4 = 0.63, dengan rata-rata total 0.77 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media interactive pocket book berbasis digital APP valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran materi sistem pencernaa di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, interactive pocket book berbasis digital APP, materi sistem pencernaan, motivasi belajar, hasil belajar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:44
Last Modified: 08 Feb 2023 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56158

Actions (login required)

View Item View Item