PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Rini Karunia, 4401416001 (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401416001 - Rini Karunia vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir siswa di Indonesia masih tergolong dalam kategori yang rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil skor PISA Indonesia yang masih jauh dari skor internasional. Adanya pandemi COVID-19 menyebabkan pembelajaran harus dilakukan secara daring di rumah. Sehingga dalam hal ini perlu adanya pembaruan pada model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dimasa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan yaitu Research and Development yang terdiri atas 10 tahap penelitian. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 di kelas X MIPA 1 SMA N 1 Pagelaran. Teknik sampling yang digunakan adalah probability dengan jenis simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan mengunakan angket, tes, dan wawancara. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model flipped classroom yang di integrasikan dengan STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dimasa pandemi COVID-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan, meliputi silabus, RPP, LKS, dan alat evaluasi layak digunakan dalam pembelajaran. Silabus mendapatkan persentase kelayakan sebesar 93,75% dan RPP mendapatkan persentase kelayakan sebesar 86,45% dari ahli pembelajaran. LKS yang dikembangkan mendapatkan persentase kelayakan sebesar 82,50% dari ahli materi dan mendapatkan 93,33% dari ahli media. Sedangkan alat evaluasi mendapatkan persentase sebesar 94,33% dari ahli evaluasi. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan tanggapan yang sangat baik dari guru terhadap perangkat percobaan yang dikembangkan, dengan rata-rata persentase 95,31% untuk silabus, RPP sebesar 94,79% dan LKS sebesar 95,00%. LKS yang dikembangkan mendapatkan tanggapan yang sangat baik dari siswa dengan persentase sebesar 90,10 % dan dihasilkan 30 butir soal yang layak sebagai alat evaluasi. Hasil uji coba pemakaian alat evaluasi menggunakan paired sample test memperoleh nilai Sig (2-tailed) = 0,00 < α (0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang bermakna pada penerapan perangkat pembelajaran flipped classroom terintegrasi STEM dengan keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran flipped classroom terintegrasi STEM untuk meningkat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, flipped classroom, STEM, keanekaragaman hayati, berpikir kritis.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:42
Last Modified: 08 Feb 2023 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56157

Actions (login required)

View Item View Item