EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-KATALOG MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA
Renita Aprilia, 4401415018 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-KATALOG MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa menjadi salah satu indikaor kurang optimalnya proses pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar adalah penerapan model pembelajaran dan media yang dipilih oleh guru kurang variatif. Berdasarkan kurikulum 2013 model problem based learning merupakan salah satu model yang disarankan karena dapat melatih siswa untuk membangun pemahaman sendiri dan belajar memecahkan masalah.. Pemilihan model pembelajaran harus disertai pemilihan media yang tepat. Media E-katalog dipilih karena irit biaya, tidak terbatas ruang dan waktu, dapat digunakan kapanpun dan dimanapun serta udah untuk digandakan sesuai kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model problem based learning berbantuan E-katalog materi sistem gerak manusia pada hasil belajar dan motivasi belajar siswa serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penelitian dilakukan Desain penelitian yang diterapkan adalah pre-experiment design dengan pola one group pre-tes post-test. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bulakamba kelas XI tahun ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Bulakamba sebanyak 4 kelas dengan jumlah 140 siswa. Sampel ditentukan melalui teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 4 dengan jumlah 71 siswa. Data yang dikumpulkan berupa: (1) hasil belajar (kognitif) preetest-postest dianalisis dengan presentase ketuntasan klasikal dan uji N-gain; (2) hasil belajar (psikomotorik) penugasan membuat kliping dianalisis dengan tabel distribusi frekuensi; (3) motivasi belajar dengan instrument angket likert ; (4) observasi keterlaksanaan pembelajaran; (5) tanggapan siswa dan hasil wawancara guru. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) hasil analisis ketuntasan klasikal pada nilai postest 100% siswa mencapai batas KKM (2) hasil uji N-gain pada kelas XI MIPA 1 sebanyak 72,3% dan kelas XI MIPA 4 sebanyak 77,2% siswa masuk kategori tinggi (3) hasil angket motivasi belajar siswa sebanyak 57% siswa mencapai kategori tinggi dan sebanyak 43% siswa mencapai kategori sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning berbantuan E-katalog materi sistem gerak manusia pada hasil belajar dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Bulakamba sangat efektif. Saran yang diajukan adalah perlu adanya perhatian agar tercipta keseimbangan untuk memanfaatkan model dan media pembelajaran dengan tuntutan pendidikan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, E-katalog, Motivasi Belajar, Sistem Gerak Manusia |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 03:18 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 03:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56150 |
Actions (login required)
View Item |