UPAYA MEMPERSIAPKAN ANGKATAN KERJA MELALUI PROGRAM SEKOLAH PENCETAK WIRAUSAHA (SPW) DAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI SMK TEUKU UMAR SEMARANG


Larasati Nur Rachma, 3301418056 (2022) UPAYA MEMPERSIAPKAN ANGKATAN KERJA MELALUI PROGRAM SEKOLAH PENCETAK WIRAUSAHA (SPW) DAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI SMK TEUKU UMAR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301418056 - Larasati Nur Rachma.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Prosentase pengangguran yang berasal dari sekolah kejuruan yaitu sebanyak 24, 74 %, secara angka kumulatif tersebut mengalami peningkatan apabila merujuk data pada tahun 2014 meningkat sebanyak 6,35 %. Adapun berbagai faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran tersebut seperti kurangnya kesiapan siswa SMK untuk mengarungi dunia kerja secara kompetensi yang diambil, kurangnya kreativitas siswa dalam mengembangkan potensi diri, dan kurangnya etos kerja tinggi yang dimiliki siswa. Maka dari itu tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui upaya mempersiapkan angkatan kerja melalui program sekolah pencetak wirausaha (SPW) dan Prakerin pada siswa SMK Teuku Umar Semarang. 2) Untuk mengetahui kesiapan siswa SMK Teuku Umar menjadi angkatan kerja setelah lulus nantinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan di SMK Teuku Umar Semarang. Sumber yang diperoleh dari penelitian ini adalah primer dan skunder. Adapun informan dari penelitian ini adalah kepala sekolah, ketua SPW, ketua panitia magang / prakerin, siswa SMK jurusan OTKP, AKL, TKRO, BDP dan RPL. Teknik pengambilan data dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumen, sedangkan uji keabsahan data melalui metode teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa Kedua program tersebut mempunyai dampak dan andil besar yaitu melatih siswa untuk mengedepankan produk kewirausahaan siswa, menejerial dari setiap kelompok usaha agar mendapatkan hasil yang sesuai. Kedua faktor yang mempengaruhi diantaranya soft skill, hard skill dan peran bursa kerja khusus (BKK). Ketiga faktor tersebut yang mempengaruhi bagaimana kesiapan siswa tentunya mengenai bekal yang didapatkan ketika menjalani prakerin. Kesimpulan pada penelitian ini adalah upaya mempersiapkan angkatan kerja yang ada di SMK Teuku Umar Semarang melalui program sekolah yaitu sekolah pencetak wirausaha (SPW) dan praktek kerja industri (Prakerin). Kedua program tersebut mempunyai dampak dan andil besar yaitu melatih siswa untuk mengedepankan produk kewirausahaan siswa, menejerial dari setiap kelompok usaha agar mendapatkan hasil yang sesuai. Berdasarkan penjelasan mengenai seperti kesiapan peserta didik menjadi seorang angkatan kerja setelah lulus nantinya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya soft skill, hard skill dan peran bursa kerja khusus (BKK)

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Angkatan Kerja, Sekolah Pencetak Wirausaha, Praktik Kerja Lapangan (Prakerin)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 08 Feb 2023 04:53
Last Modified: 09 Feb 2023 01:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56132

Actions (login required)

View Item View Item