NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA LAKON BABAD ALAS WANAMARTA OLEH WAYANG ORANG SEKAR BUDAYA NUSANTARA


Dian Restu Nugroho, 2601417080 (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA LAKON BABAD ALAS WANAMARTA OLEH WAYANG ORANG SEKAR BUDAYA NUSANTARA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2601417080 - Dian Restu Nugroho.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Lakon Babad Alas Wanamarta yang dipentaskan oleh wayang orang sekar budaya nusantara memuat berbagai macam aspek nilai-nilai pendidikan. Lakon yang memuat nilai-nilai pendidikan, ajaran moral dan juga budi pekerti yang sesuai dengan nilai-nilai pendidikan yang tumbuh di masyarakat dan juga memberikan manfaat bagi dunia pendidikan, maka sangatlah menarik untuk dikaji dan diteliti nilai-nilai pendidikan dalam lakon Babad Alas Wanamarta yang dimainkan oleh wayang orang sekar budaya nusantara. Peneliti menemukan dua rumusan masalah melalui latar belakang diatas yakni apa saja unsur-unsur drama pada lakon Babad Alas Wanamarta dan apa sajakah nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam lakon babad alas wanamarta. Sesuai dengan fokus penelitian di atas, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan usnur-unsur drama yang terkandung dalam lakon babad alas wanamarta dan juga untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam lakon babad alas wanamarta Penelitian ini mengambil obyek group atau paguyuban wayang orang sekar budaya nusantara menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan struktural konten analisis atau konten analisis. Pada pendekatan deskriptif kualitatif ini digunakan untuk merujuk pada kajian unsur-unsur yang terdapat di dalam lakon Babad Alas Wanamarta yang dibawakan oleh wayang orang sekar budaya nusantara. Sedangkan pendekatan konten analisis digunakan untuk merujuk pada nilai-nilai yang terkandung di dalam pagelaran wayang orang lakon babad alas wanamarta oleh wayang orang sekar budaya nusantara. Dalam penelitian ini peneliti dalam menganalisis data menggunakan metode struktural. Metode ini memperhatikan dan mendasarkan diri pada teori strukturalisme. analisis data dengan menggunakan metode struktural dalam kajian sastra dilakukan untuk analisis struktur seperti unsur tema,latar,alur,tokoh,penokohan,dan lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lakon,babad alas wanamarta, nilai-nilai pendidikan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:30
Last Modified: 08 Feb 2023 01:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56112

Actions (login required)

View Item View Item