PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO STOP MOTION AKSARA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERHURUF JAWA SISWA KELAS X SMK NU 1 SLAWI


Eli Mulya Wiyatun, 2601417071 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO STOP MOTION AKSARA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERHURUF JAWA SISWA KELAS X SMK NU 1 SLAWI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2601417071 - Eli Mulya Wiyatun.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Media yang biasanya digunakan guru di SMK NU 1 Slawi yaitu power point dan buku pembelajaran. Dengan menggunakan media power point dan buku pembelajaran, siswa merasa bosan dan cenderung tidak memperhatikan ketika pembelajaran menulis teks berhuruf Jawa. Upaya untuk meningkatkan semangat dan minat siswa terhadap pembelajaran menulis teks berhuruf Jawa yaitu dengan menyiapkan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya untuk mengembangkan media video stop motion menulis teks berhuruf Jawa untuk siswa kelas X di SMK NU 1 Slawi. Rumusan masalah penelitian ini (1) bagaimanakah kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media video stop motion sebagai media pembelajaran aksara Jawa siswa kelas X di SMK NU 1 Slawi (2) bagaimanakah pengembangan media video stop motion aksara Jawa untuk siswa kelas X di SMK NU 1 Slawi, dan (3) bagaimanakah kelayakan media video stop motion sebagai media pembelajaran aksara Jawa untuk siswa kelas X di SMK NU 1 Slawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan enam tahapan penelitian, di antaranya yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, konsep produk, produk, validasi produk, dan revisi produk. Data penelitian ini berupa hasil observasi dan wawancara kepada guru dan siswa kelas X di SMK NU 1 Slawi mengenai media pembelajaran yang dibutuhkan untuk pembelajaran menulis teks berhuruf Jawa, data hasil uji validasi ahli materi dan ahli media, serta penilaian pengguna mengenai media video stop motion. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara dan teknik angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran menulis teks berhuruf Jawa. Teknik analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis data uji validasi ahli dan penilaian pengguna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dan guru kelas X di SMK NU 1 Slawi membutuhkan media yang menarik dan dapat meningkatkan minat serta semangat siswa dalam pembelajaran menulis teks berhuruf Jawa. Media video stop motion berisi pembelajaran teks berhuruf Jawa materi aksara angka, latihan soal atau pakaryan, dan soal evaluasi. Selain itu media pembelajaran video stop motion dilengkapi dengan petunjuk penggunaan supaya mempermudah guru dan siswa dalam menggunakan media pembelajaran tersebut. Media pembelajaran video stop motion dinyatakan valid oleh ahli materi, ahli media, dan penilaian pengguna. Hasil presentase kelayakan uji validasi ahli materi mendapatkan skor 95%, hasil uji validasi ahli media mendapatkan skor 87,5%, dan penilaian pengguna mendapatkan skor 91,6%. Media video stop motion dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran menulis teks berhuruf Jawa siswa kelas X di SMK NU 1 Slawi. Akan tetapi media pembelajaran video stop motion belum diujicobakan terhadap pembelajaran menulis teks berhuruf Jawa, maka media tersebut perlu diujicobakan untuk mengetahui keefektifannya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, stop motion, menulis, aksara Jawa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:10
Last Modified: 08 Feb 2023 01:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56108

Actions (login required)

View Item View Item