PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS AKSARA JAWA BERBASIS APLIKASI INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BATURRADEN


Khusnul Fatimah, 2601417066 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS AKSARA JAWA BERBASIS APLIKASI INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BATURRADEN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2601417066 - Khusnul Fatimah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Baturraden masih banyak yang merasa kesulitan dan merasa bosan dengan pembelajaran menulis aksara Jawa, hal ini disebabkan karena kurangnya media pembelajaran menulis aksara Jawa dan kurangnya minat siswa dalam mempelajari aksara Jawa. Ditambah lagi dengan materi yang sesuai KD yaitu mengalihaksaran tembang Gambuh, siswa menganggap materi mengalihaksarakan tembang Gambuh semakin sulit. Guru sudah menggunakan pembelajaran berupa powerpoint dan akses YouTube untuk pengenalan aksara Jawa, tetapi penggunaan media pembelajaran tersebut tidak berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran menulis aksara Jawa berbasis aplikasi interaktif pada pembelajaran mengalihaksarakan tembang Gambuh yang dapat menarik minat belajar siswa dan melatih siswa dalam belajar menulis aksara Jawa yang baik dan benar. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendiskripikan kebutuhan siswa dan guru SMP Negeri 2 Baturraden terhadap pengembangan media pembelajaran menulis aksara Jawa dalam bentuk media aplikasi interaktif, 2) Menyusun prototipe media pembelajaran menulis aksara Jawa berbasis aplikasi interaktif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Baturraden, dan 3) Memaparkan hasil validasi media pembelajaran menulis aksara Jawa berbasis aplikasi interaktif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Baturraden. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru SMP Negeri 2 Baturraden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa (1) siswa dan guru membutuhkan media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, agar siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam belajar menulis aksara Jawa, (2) prototipe media pembelajar menulis aksara Jawa berbasis aplikasi interaktif terdiri dari tampilan ikon aplikasi, tampilan awal, dan tampilan menu yang didalamnya terdapat menu materi, gladhen, dan evaluasi, (3) media pembelajaran menulis aksara Jawa berbasis aplikasi interaktif dinilai sudah baik dan layak digunakan. Oleh ahli materi mendapatkan nilai 27 dari total maksimal nilai yaitu 40 yang berarti layak. Ahli media memperoleh nilai 34 yang artinya layak dari total nilai maksimal 45. Hal ini menandakan bahwa produk media pembelajaran menulis aksara Jawa berbasis aplikasi interaktif ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran, yang bisa viii digunakkan kapan dan dimana saja sehingga memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disarankan agar media pembelajaran menulis aksara Jawa berbasis aplikasi interaktif perlu diuji cobakan untuk mengetahui keefektifan dan keberhasilan saat menggunakan media pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, aplikasi interaktif, menulis, aksara Jawa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 Feb 2023 00:56
Last Modified: 08 Feb 2023 00:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56107

Actions (login required)

View Item View Item