PENGARUH PENGGUNA MEDIA SOSIAL, KONTROL DIRI, DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)


Puput Vari Saputri, 7111418038 (2022) PENGARUH PENGGUNA MEDIA SOSIAL, KONTROL DIRI, DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111418038 - Puput Vari Saputri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan suatu tindakan mengkonsumsi barang dan jasa tidak berdasarkan kebutuhan tetapi untuk keinginan dan kepuasan semata. Berdasarkan hasil observasi awal dengan 45 reponden yang dijadikan sebagai sampel menunjukkan hasil bahwa perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tergolong tinggi berdasarkan kriteria kadang-kadang sebesar 76,1%, sering sebesar 13%, sangat sering sebesar 2,2%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial, kontrol diri, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Sampel diambil menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% sebanyak 100 mahasiswa. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada pengaruh yang signifikan antara media sosial, kontrol diri, dan literasi ekonomi secara simultan terhadap perilaku konsumtif belanja online (2) media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif belanja online (3) kontrol diri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif belanja online (4) literasi ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif belanja online.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Kontrol Diri, Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumtif Belanja Online
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:32
Last Modified: 07 Feb 2023 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56101

Actions (login required)

View Item View Item