EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN MUARA ENIM


Dimas Pratama Putra Hariadi, 7111418030 (2022) EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN MUARA ENIM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111418030 - Dimas Pratama Putra Hariadi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Muara Enim selalu mengalami ketidakstabilan atau fluktuatif dimana dari tahun 2016-2020 tidak pernah berhasil mencapai target, hal tersebut dikarenakan masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, rendahnya partisipasi wajib pajak dalam membayar pajak, kurangnya sosialisasi tentang betapa pentingnya membayar pajak. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat Kontribusi dan Efektivitas Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Muara Enim. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan model kontribusi dan efektivitas.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kontribusi pajak bumi dan bangunan terhadap pendapatan asli daerah di kabupaten muara enim berada dalam kriteria sangat kurang dengan persentase sebesar 3,93% sedangkan tingkat efektivitas pajak bumi dan bangunan terhadap pendapatan asli daerah di kabupaten muara enim berada dalam kriteria kurang efektif dengan persentase sebesar 73,7%. Saran yang dapat diberikan adalah Badan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Muara Enim diharapkan dapat lebih semangat lagi dalam menagih pajak kepada wajib pajak, melakukan sosialisasi kepada wajib pajak agar wajib pajak paham bahwa dengan membayar pajak bumi dan bangunan bisa meningkatkan kesejahteraan suatu daerah. dengan begitu akan menambah penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan sehingga akan mencapai target yang telah ditetapkan dan bisa meningkatkan Efektivitas dan Kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Muara Enim.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kontribusi, Pajak Bumi dan Bangunan, Pendapatan Asli Daerah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:24
Last Modified: 07 Feb 2023 07:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56098

Actions (login required)

View Item View Item