TRADISI NULAKI DESA KRINJING KABUPATEN WONOSOBO DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR SISWA KELAS VII.


Herni Sepiyati, 2601417009 (2022) TRADISI NULAKI DESA KRINJING KABUPATEN WONOSOBO DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2601417009 - Herni Sepiyati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tradisi merupakan wujud warisan dari masa lalu yang terus menerus dilakukan sampai saat ini dengan penuh kesadaran atau disengaja dan bukan merupakan sebuah kebetulan belaka. Dalam sebuah tradisi biasanya memiliki makna simbolik tersendiri serta memiliki nilai-nilai pendidikan yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Agar tradisi terus dilakukan perlu adanya literasi mengenai tradisi tersebut atau bahkan memasukkan tradisi menjadi bagian dari materi ajar siswa. Hal tersebut yang dicoba dilakukan pada Tradisi Nulaki di Desa Krinjing Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk tradisi Nulaki, serta simbiolis serta maknanya. (2) Mengungkap nilai nilai pendidikan pada tradisi Nulaki. (3) Menentukan relevansi tradisi Nulaki sebagai salah satu alternatif materi ajar Bahasa Jawa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan foklor. Data yang diambil berasal dari informan yang paham akan tradisi ini, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya (1) Nulaki merupakan sebuah tradisi yang dilakukan sebagai bentuk permohonan akan keselamatan, yang rangkaian kegiatannya terdiri dari ziarah, ngider-ider dan mulenan. Dalam setiap rangkaian acaranya memiliki makna tersendiri. (2) Nulaki memiliki beberapa nilai-nilai pendidikan yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa nilai tersebut merupakan, nilai keagamaan, nilai sosial kemasyarakatan, nilai moral persaudaraan, serta nilai kebudayaan (3) Melihat bentuk dan juga nilai-nilai dari tradisi Nulaki di Desa Krinjing Kabupaten Wonosobo, akan relevan menjadi salah satu materi ajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Jawa yaitu pada materi Teks Deskriptif Budaya Adat kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tradisi Nulaki, bentuk Nulaki, makna simbolik, nilai pendidikan, relevansi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Feb 2023 06:45
Last Modified: 07 Feb 2023 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56090

Actions (login required)

View Item View Item