PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN, NORMA SUBJEKTIF DAN PERSEPSI KONTROL PERILAKU TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Semarang)


Ahidatu Nafa, 7101418248 (2022) PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN, NORMA SUBJEKTIF DAN PERSEPSI KONTROL PERILAKU TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418248 - Ahidatu Nafa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Minat berwirausaha merupakan pilihan seseorang yang muncul karena adanya ketertarikan dan keberanian untuk mengambil resiko dalam berusaha. Seseorang dengan minat berwirausaha akan memiliki kesiapan dan kemajuan yang lebih baik dalam usaha yang dijalankan dibandingkan seseorang tanpa minat kewirausahaan. Riset ini bertujuan untuk menguji secara empiris sikap kewirausahaan, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku terhadap minat berwirausaha dengan pendidikan kewirausahaan sebagai variabel moderasi. Studi ini juga menguji peran sikap kewirausahaan, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku terhadap minat berwirausaha dengan pendidikan kewirausahaan sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2019 sejumlah 348 mahasiswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dan didapat sampel sebanyak 186 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi (moderated regression analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap wirausaha dan norma subjektif berpengaruh positif terhadap perilaku minat wirausaha mahasiswa, sedangkan persepsi kontrol perilaku memiliki pengaruh negatif terhadap minat wirausaha mahasiswa. Peran variabel moderasi yaitu pendidikan kewirausahaan tidak dapat memoderasi atau memperlemah pengaruh sikap wirausaha, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap minat wirausaha mahasiswa. Simpulan penelitian ini adalah sikap wirausaha dan norma subjektif berpengaruh positif terhadap perilaku minat wirausaha mahasiswa, sedangkan persepsi kontrol perilaku memiliki pengaruh negatif terhadap minat wirausaha mahasiswa. Peran variabel moderasi yaitu pendidikan kewirausahaan tidak dapat memoderasi atau memperlemah pengaruh sikap wirausaha, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap minat wirausaha mahasiswa. Saran berdasarkan hasil penelitian tersebut bagi mahasiswa diharapkan mempertahankan minat berwirausaha dengan meningkatkan sikap kewirausahaan dan norma subjektif yang tinggi. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan pengembangan model yang lebih variatif misalnya dapat berupa dijadikannya variabel pendidikan kewirausahaan sebagai variabel mediasi atau variabel independen dalam penelitian ini yang berupa sikap wirausaha, norma subjektif maupun persepsi kontrol perilaku dapat dialihkan menjadi variabel mediasi yang diharapkan dapat memediasi variabel independen dalam kaitannya dengan variabel minat wirausaha mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap Kewirausahaan, Norma Subjektif, Persepsi Kontrol Perilaku, Minat Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 04:28
Last Modified: 07 Feb 2023 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56088

Actions (login required)

View Item View Item