PERAN MINAT BERWIRAUSAHA DALAM MEMEDIASI PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH, KREATIVITAS, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA SISWA WIRAUSAHA DI SMK NEGERI 6 SEMARANG


Wiwik Widyaningsih, 7101418238 (2022) PERAN MINAT BERWIRAUSAHA DALAM MEMEDIASI PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH, KREATIVITAS, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA SISWA WIRAUSAHA DI SMK NEGERI 6 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418238 - Wiwik Widyaningsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data BPS tahun 2021 angka pengangguran di Indonesia masih di dominasi oleh lulusan SMK yaitu 11,45%. Pengangguran dapat dikurangi dengan memperbanyak jumlah wirausaha. SMK Negeri 6 Semarang merupakan salah satu sekolah yang berupaya untuk meningkatkan semangat wirausaha siswanya. Dari data yang diperoleh pada tahun 2022 ada 174 siswa wirausaha. Siswa wirausaha kurang bisa membagi waktu antara belajar dengan berwirausaha. Selain itu, promosi yang dilakukan siswa juga masih kurang karena tidak dilakukan secara teratur. Sehingga sekolah harus terus menumbuhkan perilaku berwirausaha siswanya. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh lingkungan sekolah, kreativitas, dan efikasi diri terhadap perilaku berwirausaha dengan minat berwirausaha sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa wirausaha SMK Negeri 6 Semarang yang berjumlah 174 dan diambil sampel sebanyak 121 sebagai responden menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel dengan metode proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa perilaku berwirausaha dan kreativitas dalam kriteria tinggi. Minat berwirausaha, lingkungan sekolah, dan efikasi diri dalam kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku berwirausaha sebesar 4,08%. Kreativitas tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku berwirausaha. Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku berwirausaha sebesar 14,21%. Minat berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku berwirausaha sebesar 19,89%. Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha sebesar 4,89%. Kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha sebesar 3,64%. Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha sebesar 7,29%. Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku berwirausaha melalui minat berwirausaha sebesar 8,5%. Kreativitas tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku berwirausaha melalui minat berwirausaha. Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku berwirausaha melalui minat berwirausaha sebesar 11,1%. Saran dari penelitian ini yaitu pihak sekolah perlu menyelenggarakan kegiatan pelatihan ataupun program kewirausahaan, dan membuat e-shopping untuk siswa yang berwirausaha. Siswa wirausaha juga diharapkan mengikuti kegiatan maupun program tersebut. Guru diharapkan terus mendukung dan memotivasi siswa dalam menjalankan usahanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Berwirausaha, Minat Berwirausaha, Lingkungan Sekolah, Kreativitas, dan Efikasi Diri
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 04:06
Last Modified: 07 Feb 2023 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56080

Actions (login required)

View Item View Item