PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN, GAYA HIDUP, KEPEDULIAN, DAN LITERASI EKONOMI HIJAU TERHADAP PERILAKU KONSUMSI RAMAH LINGKUNGAN (Studi Pada Mahasiswa Aktif S-1 Universitas Negeri Semarang)


Meisya Chandra, 7101418233 (2022) PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN, GAYA HIDUP, KEPEDULIAN, DAN LITERASI EKONOMI HIJAU TERHADAP PERILAKU KONSUMSI RAMAH LINGKUNGAN (Studi Pada Mahasiswa Aktif S-1 Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418233_Meisya Chandra - Meisya Chandra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Universitas Negeri Semarang adalah salah satu universitas konservasi, sehingga dalam melakukan kegiatan di kampus harus mengacu pada prinsip-prinsip konservasi. Untuk mendukung prinsip tersebut salah satu penerapannya yaitu dengan melakukan konsumi yang yang ramah lingkungan. Perilaku konsumsi ramah lingkungan adalah sebuah usaha konsumen untuk melindungi lingkungan selama proses pembelian, pemakaian, dan setelah pemakaian produk serta bagaimana cara untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan lingkungan, gaya hidup ramah lingkungan, kepedulian lingkungan, dan literasi ekonomi hijau terhadap perilaku konsumsi ramah lingkungan pada mahasiswa aktif S-1 Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa aktif S-1 UNNES yang berjumlah 38.341 orang dengan sampel yang ditentukan yaitu sejumlah 396 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling berupa proportional random sampling. Data dalam penelitian menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan lingkungan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap perilaku konsumsi ramah lingkungan, gaya hidup ramah lingkungan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap perilaku konsumsi ramah lingkungan, dan literasi ekonomi hijau berpengaruh positif dan siginifikan terhadap perilaku konsumsi ramah lingkungan. Selain itu, variabel kepedulian lingkungan mempunyai pengaruh namun tidak signifikan terhadap perilaku konsumsi ramah lingkungan. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh secara positif dan signifikan antara penegtahuan lingkungan, gaya hidup ramah lingkungan, dan literasi ekonomi hijau terhadap perilaku konsumsi ramah lingkungan. Namun pada variabel kepedulian lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi ramah lingkungan. Saran dari penelitian ini yaitu tingkat pengetahuan lingkungan gaya hidup ramah lingkungan kepedulian lingkungan dan lliterasi ekonomi hijau terhadap perilaku konsumsi ramah lingkungan perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang ramah lingkungan agar dapat menjaga lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Lingkungan, Gaya Hidup Ramah Lingkungan, Kepedulian Lingkungan, Literasi Ekonomi Hijau, Perilaku Konsumsi Ramah Lingkungan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:54
Last Modified: 07 Feb 2023 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56078

Actions (login required)

View Item View Item