PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Tahun Angkatan 2019)


Amelia Agustin, 7101418232 (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Tahun Angkatan 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418232 - Amelia Agustin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Disiplin belajar merupakan sikap dan perilaku seorang mahasiswa yang memiliki nilai-nilai kepatuhan, keteraturan, dan ketertiban selama mengikuti proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu sebagian besar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNNES tahun angkatan 2019 tidak disiplin dalam belajar, dengan nilai persentase sebesar 39%. Tujuan dari penelitian ini yaitu; 1) untuk menganalisis pengaruh minat belajar dan lingkungan keluarga terhadap disiplin belajar, 2) untuk menganalisis pengaruh minat belajar terhadap disiplin belajar, dan 3) untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap disiplin belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNNES tahun angkatan 2019, selama pembelajaran daring. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, tahun angkatan 2019, yang sedang melaksanakan pembelajaran daring dengan jumlah 349 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 183 responden yang diperoleh dari rumus Isaac dan Michael. Teknik pengambilan sampel menggunakan area proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket (kuesioner) dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda sebagai berikut: Y = 6,584 + 0,783 X1 + 0,065 X2 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan variabel minat belajar dan lingkungan keluarga terhadap disiplin belajar mahasiswa sebesar 73,0%. Variabel minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap disiplin belajar sebesar 58,82% dan variabel lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan sebesar 3,80%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu 1) minat belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap disiplin belajar, 2) minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap disiplin belajar, dan 3) lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap disiplin belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNNES tahun angkatan 2019. Saran yang dapat diberikan yaitu 1) mahasiswa agar menerapkan mindset bahwa belajar adalah sesuatu yang menyenangkan agar dapat meningkatkan minat belajarnya, 2) mahasiswa untuk dapat meningkatkan komunikasi dengan orangtua, agar orangtua lebih mengerti dan pengertian akan kebutuhan dan kondisi belajar mahasiswa selama pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Minat Belajar, Lingkungan Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:37
Last Modified: 07 Feb 2023 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56076

Actions (login required)

View Item View Item