PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP), PERSEPSI PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018)


Umi Nur Hasanah, 7101418227 (2022) PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP), PERSEPSI PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418227 - Umi Nur Hasanah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Minat menjadi guru merupakan perasaan senang terhadap suatu profesi guru sehingga timbul ketertarikan untuk berprofesi menjadi guru. Mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 mempunyai minat untuk menjadi guru yang rendah, hal ini didukung dengan hasil studi pendahuluan dan data Tracer Study yang menunjukkan lulusan yang bekerja sebagai tenaga pendidik kurang dari 50%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat menjadi guru yaitu variabel Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), persepsi profesi guru, dan lingkungan keluarga dengan self efficacy sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis menggunakan SEM-PLS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 yang telah melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) berjumlah 300 mahasiswa. Ukuran sampel penelitian menggunakan rumus Slovin sebanyak 171 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik proportionate random sampling dan teknik insidental, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya pengaruh positif dan tidak signifikan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru, dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru melalui self efficacy, (2) adanya pengaruh positif dan signifikan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), lingkungan keluarga dan self efficacy terhadap minat menjadi guru, (3) dan terdapat pengaruh secara tidak langsung antara PLP dan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru dengan self efficacy sebagai variabel mediasi. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat delapan (8) hipotesis diterima dan dua (2) hipotesis ditolak. Saran dari penelitian ini orang tua hendaknya jangan memaksakan kehendak anak, karena anak lebih suka menentukan pilihan karirnya sendiri. Lalu orang tua memberikan kebebasan dan dukungan kepada anak untuk memilih karir selagi pilihan tersebut positif dan terbaik untuk si anak, dan mahasiswa hendaknya juga meningkatkan self efficacy pada dirinya sehingga mempunyai keyakinan yang tinggi untuk menjadi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat menjadi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan, Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga dan Self Efficacy
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:32
Last Modified: 07 Feb 2023 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56074

Actions (login required)

View Item View Item