PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 8 SEMARANG DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI


Dwi Puspita Rahmawati, 7101418225 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 8 SEMARANG DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418225 - Dwi Puspita Rahmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan individu untuk menganalisis dan mengevaluasi dalam menemukan jawaban atas permasalahan melalui pertimbangan yang cermat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 8 Semarang dengan dimediasi oleh kedisiplinan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 8 Semarang yang berjumlah 178 siswa dengan proses pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Besarnya jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel 124 siswa. Metode analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis jalur, uji sobel, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 12,2%. Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 17,9%, kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 11,3%, motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar sebesar 9,3%, kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar sebesar 8,1%, kedisiplinan belajar mampu memediasi pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis secara positif dan signifikan, dan kedisiplinan belajar mampu memediasi pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis secara positif dan signifikan. Saran dalam penelitian ini adalah siswa mampu meningkatkan motivasi belajar, kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar yang baik, sehingga siswa mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel lain yang belum digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kedisiplinan Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:27
Last Modified: 07 Feb 2023 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56073

Actions (login required)

View Item View Item