PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP ACADEMIC BURNOUT (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2019)


Qothrunnada Nadhifa, 7101418223 (2022) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP ACADEMIC BURNOUT (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418223 - Qothrunnada Nadhifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran di perguruan tinggi yang berbeda dari jenjang sebelumnya menjadi suatu tantangan sehingga mengakibatkan mahasiswa mengalami kelelahan. Academic burnout merupaka suatu peristiwa psikologis yang dialami oleh individu dalam lingkungan akademis, dimana individu merasa lelah, apatis, dan sinis terhadao kegiatan akademiknya sehingga menyebabkan pencapaian pribadinya menurun. Salah satu penyebab academic burnout adalah menurunnya kepercayaan diri sehingga menjadi tidak percaya terhadap kemampuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganilisis pengaruh dukungan sosial dan self-efficacy terhadap academic burnout. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian studi pengujian hipotesis. Populasi sebanyak 349 Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarsng Angkatan Tahun 2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling dan diperoleh 186 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dukungan sosial dan self-efficacy berpengaruh terhadap academic burnout sebesar 31,2 %. Secara parsial dukungan sosial berpengaruh negatif terhadap academic bunout (9,8%) dengan analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata sebesar 63,63 dan berada pada kategori sedang, self-efficacy berpengaruh negatif terhadap academic burnout (11,3%) dengan analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata sebesar 42,81 dan berada dalam kategori tinggi. Dukungan sosial dan self-efficacy secara bersama�sama juga berpengaruh negatif terhadap academic burnout. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh negatif dukungan sosial, dan self-efficacy terhadap academic burnout pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan tahun 2019. Saran dari peneliti mahasiswa lebih menjaga hubungan yang baik dengan sekitar mengingat dukungan sosial sangat berpengaruh terhadap kegiatan perkuliahan sehari-hari. Mahasiswa juga diharapkan agar dapat meningkatkan self-efficacy dengan cara mengikuti atau terlibat dalam berbagai kegiatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Self-efficacy, dan Academic Burnout.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:21
Last Modified: 07 Feb 2023 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56072

Actions (login required)

View Item View Item