REKONSTRUKSI TEKS PACELATHON SEBAGAI MATERI AJAR KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII


Anindita Aryantari, 2601415058 (2022) REKONSTRUKSI TEKS PACELATHON SEBAGAI MATERI AJAR KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2601415058 - Anindita Aryantari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Guru seringkali mengalami kesulitan dalam mempersiapkan materi ajar teks dialog pada saat proses pembelajaran di sekolah. Hal tersebut terjadi karena terbatasnya meteri ajar yang ada. Memperbanyak materi ajar teks dialog dapat dilakukan dengan merekonstruksi materi ajar. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, perlu adanya penunjang materi pembelajaran berupa rekonstruksi teks dialog (pacelathon) yang memuat variasi pelaku tutur sehingga siswa cenderung dapat membedakan tingkat tutur dalam berbahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Pengambilan sampel dilakukan di tiga sekolah menengah pertama di Kota Semarang. Validasi produk dilakukan oleh dua validator, yaitu ahli materi dan ahli desain penyajian produk. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu melalui wawancara, dokumentasi, dan angket. Metode analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku pendamping materi yang berisi rekonstruksi teks dialog untuk siswa kelas VIII dengan judul “Wacan Pacelathon Awujud Atur-Atur”. Prototipe pada buku telah disesuaikan dengan hasil analisis kebutuhan guru kelas VIII. Hasil dari validasi ahli yaitu perlu adanya revisi untuk beberapa aspek, meliputi judul buku hasil rekonstruksi, materi yang harus disesuaikan dengan bahasa siswa, dan desain ilustrasi yang harus diberikan ekspresi. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku yang dikembangkan mendapat nilai 3 dari 4 skala penilaian. Penelitian lain tentang rekonstruksi teks pacelathon perlu diadakan sehingga dapat menambah referensi di bidang Pendidikan bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rekonstruksi, Teks pacelathon, Materi ajar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:25
Last Modified: 07 Feb 2023 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56071

Actions (login required)

View Item View Item