PENGARUH USIA, PENDAPATAN DAN JUMLAH TANGGUNGAN TERHADAP LITERASI KEUANGAN IBU RUMAH TANGGA DENGAN PENDIDIKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Rizqita Dwi Putri, 7101418222 (2022) PENGARUH USIA, PENDAPATAN DAN JUMLAH TANGGUNGAN TERHADAP LITERASI KEUANGAN IBU RUMAH TANGGA DENGAN PENDIDIKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418222 - Rizqita Dwi Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLK) pada tahun 2019 yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan menunjukan bahwa literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 38,03%. Dalam survey tersebut rata-rata ibu rumah tangga memiliki tingkat literasi keuangan sebesar 30,46% dengan peringkat ke tiga terendah dalam indeks literasi keuangan Indonesia berdasarkan klaster pekerjaan. Hal ini tentu saja tidak baik, mengingat hampir sebagian urusan dalam keuangan rumah tangga atau keluarga dikelola oleh seorang istri atau perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh usia, pendapatan dan jumlah tanggungan keluarga terhadap literasi keuangan ibu rumah tangga dengan pendidikan sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif. Populasi sebanyak 943 ibu rumah tangga Desa Sukokulon. Teknik pengambilan Sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan propotional random sampling dan di peroleh 281. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menyatakan bahwa rata-rata usia ibu rumah tangga 39 tahun, pendapatan Rp 2.709.608, jumlah tanggungan keluarga sebanyak 3, dan rata-rata pendidikan SMA. Tingkat literasi keuangan ibu rumah tangga di Desa Sukokulon dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 128,85. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan dan jumlah tanggungan keluarga berpengaruh positif terhadap tingkat literasi keuangan. Sedangkan usia tidak berpengaruh terhadap literasi keuangan. Pendidikan dapat memoderasi pendapatan terhadap literasi keuangan dan pendidikan juga dapat memoderasi jumlah tanggungan terhadap literasi keuangan. Sedangkan pendidikan tidak dapat memoderasi usia terhadap literasi keuangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah literasi keuangan ibu rumah tangga Desa Sukokulon dipengaruhi oleh pendapatan dan jumlah tanggungan, dan dapat diperkuat oleh pendidikan. Saran dari peneliti dalam upaya meningkatkan literasi keuangan adalah terus mendorong ibu rumah tangga untuk upgrade ilmu tentang finansial yang sesuai dengan perkembangan jaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Usia, Pendapatan, Jumlah Tanggungan, Pendidikan, Literasi Keuangan, Ibu Rumah Tangga.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:15
Last Modified: 07 Feb 2023 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56070

Actions (login required)

View Item View Item