PENGARUH KEPEMIMPINAN, PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA DI KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS


Aurora Desty Kholifah, 7101418217 (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN, PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA DI KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418217 - Aurora Desty Kholifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Setiap organisasi baik yang berbentuk swasta maupun pemerintahan pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu terdapat kurangnya kinerja perangkat desa di kecamatan Wangon kabupaten Banyumas. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hal salah satunya kurang maksimalnya hasil kinerja yang dihasilkan, karena masih ada beberapa perangkat desa yang masih meninggalkan pekerjaannya pada saat jam kerja tanpa izin dari pemimpin. Hal ini dijadikan kesan buruk oleh masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kepemimpinan, pengembangan sumber daya manusia dan keselamatan dan kesehatan kerja terhadap kinerja perangkat desa di kecamatan Wangon kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitian ini yaitu perangkat desa di kecamatan Wangon kabupaten Banyumas. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 97 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Probability Sampling dengan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metpode observasi, wawancara dan angket (kuisioner). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi beraganda dan analisis deskriptif persensetase. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda sebagai berikut Y = 43,086 + 0,064 X1 + 0,008 X2 + 0,008 X3 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan variabel kepemimpinan, pengembangan sumber daya manusia dan keselamatan kesehatan kerja terhadap kinerja pegawai sebesar 58%. Variabel dengan pengaruh terbesar terhadap kinerja pegawai yaitu variabel kepemimpinan dengan pengaruh sebesar 37,45%. Variabel keselamatan dan kesehatan kerja 16%. Dan variabel pengembangan sumber daya manusia sebesar 5,1%. Simpulan dalam penelitian ini adalah kinerja pegawai di kecamatan Wangon kabupaten Banyumas dapat ditingkatkan dengan meningkatkan komunikasi yang jelas anatara pemimpin dengan pegawai, lebih memperhatikan sumber daya manusia dari masing-masing pegawai, dan keselamatan kerja pegawai saat dikantor dengan memperhatikan ruangan kerja. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Pemimpin dapat memberikan gagasan maupun contoh dalam menyelesaikan masalah. (2) Instansi pemerintahan lebih memperhatikan dalam pengembangan sumber daya manusia dari setiap pegawai. (3) Instansi pemerintahan lebih memperhatikan akan keselamatan dan kesehatan dari setiap pegawai yang ada mengenai SOP dan fleksibilitas tempat kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pegawai, Kepemimpinan, Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Keselamatan Kesehatan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:05
Last Modified: 07 Feb 2023 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56067

Actions (login required)

View Item View Item