ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERPADU TWO POINT ZERO (SIKADU 2.0) OLEH MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Balitul Bahij, 7101418213 (2022) ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERPADU TWO POINT ZERO (SIKADU 2.0) OLEH MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418213 - Bahij Balitul.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Sistem informasi akademik terpadu (SIKADU) merupakan sebuah sistem informasi manajemen yang dirancang untuk melayani dan memenuhi kebutuhan akademik warga kampus di Universitas Negeri Semarang. Sistem tersebut dapat diakses secara online melalui website apps.unnes.ac.id. Adanya Sikadu 2.0 diharapkan mampu mengoptimalkan pengelolaan dan pengorganisasian informasi menjadi lebih efektif dan efisien. Sikadu 2.0 telah diakses oleh seluruh warga kampus salah satunya diwajibkan bagi mahasiswa untuk menunjang kebutuhan akademiknya. Namun, berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan, masih terdapat kendala-kendala yang terjadi saat mengakses Sikadu 2.0 yang mengakibatkan pengguna belum sepenuhnya merasakan manfaat yang diperoleh melalui sistem. Dengan demikian, penelitian ini mengukur kepuasan mahasiswa terhadap Sikadu 2.0 dengan variabel kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, dan persepsi kegunaan (perceived usefulness). Jenis yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 yang telah menggunakan Sikadu 2.0 selama kurang lebih 4 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling artinya sampel diambil secara acak dan seimbang dari masing-masing jurusan di fakultas ekonomi UNNES. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 287 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis menggunakan software IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 17,80%. Kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 4,49%. Kualitas layanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna. Persepsi kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 6,25%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kualitas sistem, informasi, layanan dan kegunaan dari Sikadu 2.0 telah memberikan kinerja yang maksimal karena dapat diakses dengan mudah. Adapun saran dari penelitian ini adalah memonitoring ulang sistem, meningkatkan respon sistem dalam menanggapi perintah pengguna, optimalisasi fitur-fitur baru dan memberikan panduan yang lebih lengkap misalnya dalam bentuk video tutorial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Persepsi Kegunaan, Kepuasan Pengguna, Sikadu 2.0.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:01
Last Modified: 07 Feb 2023 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56064

Actions (login required)

View Item View Item