KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT PADA MATERI MINYAK BUMI TERHADAP KESADARAN LINGKUNGAN SISWA


Ade Noorliza Niyamae, 4301419052 (2022) KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT PADA MATERI MINYAK BUMI TERHADAP KESADARAN LINGKUNGAN SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301419052 - Ade Noorliza Niyamae vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Kesadaran lingkungan merupakan hal yang harus dimiliki setiap orang dan terwujud dalam tujuan bersama yang disebut tujuan berkelanjutan (SD). Kesadaran lingkungan siswa Indonesia masih rendah berdasarkan PISA 2015. Pendidikan merupakan kunci strategis menanamkan kesadaran lingkungan demi mewujudkan SD. Namun tidak semua pendidikan mendukung konsep SD. ESD merupakan solusi yang dapat diterapkan dengan konsep pendidikan yang mendukung SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan keefektifan model pembelajaran Problem based Learning berorientasi Education for Sustainable Development yang diaplikasikan pada materi minyak bumi terhadap kesadaran lingkungan siswa. Penelitian menerapkan desain quasi experimental pre-testt post�testt control group design dengan subjek penelitian dua kelas SMA Negeri 8 Semarang yaitu kelas eksperimen yang diberi perlukan PBL berorientasi ESD pada materi minyak bumi dan kelas kontrol yang diberi perlukan dengan PBL saja. Kesadaran lingkungan siswa diukur dari ketiga aspek yaitu pengetahuan, sikap dan perilaku. Kesadaran lingkungan dimensi pengetahuan diukur dengan instrumen tes pengetahuan, dimensi sikap dengan instrumen non tes skala likert dan dimensi perilaku dengan instrumen non tes lembar observasi penilaian diri dan teman. Hasil uji t menunjukkan nilai 0,03 (<0,05) sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian materi minyak bumi dengan menggunakan PBL berorientasi ESD terhadap kesadaran lingkungan dimensi pengetahuan. Hasil analisis n-gain menunjukkan keefektifan sebesar 56,28% pada kelas eksperimen sehingga tergolong cukup efektif sedangkan pada kelas kontrol sebesar 39,79% sehingga tergolong tidak efektif. Berdasarkan analisis size effect, besarnya pengaruh yang didapat adalah 0,8 sehingga tergolong pengaruh besar. Pada kesadaran lingkungan dimensi sikap yang dianalisis per indikator, 14 dari 20 indikator menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki indeks yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Analisis indikator juga mengindikasikan bahwa kelas eksperimen memiliki tingkat kesiapan yang cenderung lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Sedangkan pada dimensi perilaku, 18 dari 20 indikator menunjukkan bahwa kelas kontrol memiliki indeks yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen, sehingga tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada kesadaran lingkungan dimensi perilaku. Hal ini dapat dijelaskan dengan fakta bahwa perilaku tidak dapat muncul secara instan, namun melalui kebiasaan dan transformasi mendalam. Dapat disimpulkan bahwa penerapan PBL berorientasi ESD pada materi minyak bumi berpengaruh dan efektif terhadap kesadaran lingkungan dimensi pengetahuan dan sikap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, ESD, kesadaran lingkungan
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:58
Last Modified: 07 Feb 2023 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56063

Actions (login required)

View Item View Item