DESAIN E-MODUL BERBASIS COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS


Nuraisah Rosita Chika Dewi, 4301418090 (2022) DESAIN E-MODUL BERBASIS COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418090 - Nuraisah Rosita Chika Dewi vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendesain E-Modul berbasis Collaborative Problem Solving (CPS) yang layak, praktis dan mendapat tanggapan positif dari penggunanya. Dasar dari penelitian ini adalah analisis masalah yang ditemukan bahwa peserta didik tidak cukup aktif dalam pemecahan masalah di kelas baik secara individu maupun kelompok. Penggunaan media pembelajaran dan model pembelajaran yang kurang bervariasi turut mempengaruhi antusias peserta didik dalam pembelajaran kimia. Peserta didik terkendala dalam memahami materi pengantar berupa teori yang cenderung bersifat abstrak, salah satunya materi redoks. Atas dasar hal tersebut membuahkan ide penelitian mengenai pembuatan E-Modul untuk meningkatkan hasil belajar pada materi redoks dengan basis model CPS. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan define, design, develop, dan disseminate (4D) oleh Thiagaradjan (1974). E-Modul yang dikembangkan memiliki karakteristik terintegrasi dengan berbagai macam TIK diantaranya YouTube, google form, google spreadsheet, dan Kahoot. Tahap pengembangan dimulai dengan validasi produk E-Modul oleh validator materi dan media. Validasi dari ahli materi menunjukkan hasil validitas isi sebesar 89,23%, validitas penyajian sebesar 76,25%, validitas bahasa sebesar 88,88%. Validasi dari ahli media menunjukkan hasil aspek ukuran E-Modul sebesar 90%, aspek desain sampul sebesar 88,57%, dan aspek desain isi sebesar 80%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ketercapaian tiap aspek dalam kategori layak karena persentase di atas 75%. Hasil uji keterbacaan menunjukkan hasil 93,8% dengan kategori keterbacaan produk sangat tinggi. Hasil uji implementasi dilakukan untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisan produk E-Modul. Pengujian produk menghasilkan kesimpulan yang efektif dengan ketuntasan uji pengetahuan 77,14% dan hasil perhitungan N-gain sebesar 0,63 kategori sedang. Keefektifan juga diukur dari hasil terpenuhinya indikator-indikator keterampilan pemecahan masalah dalam kategori sangat baik dan sikap 71,42% sangat baik dan 28,57% baik. Secara keseluruhan produk dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran yang didukung dengan hasil uji kepraktisan produk pada efek strategi pembelajaran sebesar 97,46%, aspek komunikasi sebesar 97,42%, dan aspek desain teknis sebesar 97,04%

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, E-Modul, Collaborative Problem Solving, redoks
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:52
Last Modified: 07 Feb 2023 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56061

Actions (login required)

View Item View Item