PENGARUH FASILITAS KANTOR, DISIPLIN PEGAWAI, DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES


Aan Ranju Pramuja, 7101418209 (2022) PENGARUH FASILITAS KANTOR, DISIPLIN PEGAWAI, DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418209 - Aan Ranju Pramuja.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik menjadi sangat penting karena berhubungan dengan masyarakat umum yang memiliki keanekaragaman kepentingan dan tujuan. Dengan itu pelayanan publik harus memiliki standar pelayanan kualitas yang baik. Kantor Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes merupakan salah satu instansi penyelenggara pelayanan publik yang memiliki prosedur pelayanan yang kurang baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan dengan menggunakan variabel fasilitas kantor, disiplin pegawai, dan kompetensi pegawai. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang merasakan pelayanan di kantor Kecamatan Ketanggungan yang jumlahnya belum diketahui. Dengan itu, untuk menentukan sampel penelitian ini menggunakan rumus iterasi. Berdasarkan perhitungan sampel menggunakan rumus iterasi diketahui bahwa sampel minimum yang diambil adalah 116 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan insidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi IBM SPPS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas kantor ada pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan sebesar 4,7%. Selanjutnya disiplin pegawai memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan sebesar 4,12% dan kompetensi pegawai memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan sebesar 34%. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas kantor, disiplin pegawai, dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Saran pada penelitian ini aparatur kantor kecamatan menambah fasilitas kantor guna menunjang jalannya pelayanan, memberikan punishment kepada pegawai yang telat jam kerja dan melanggar aturan lainnya dengan diberikan jam kerja tambahan, membuat pelatihan terkait kepegawaian dan mutasi pegawai dengan kantor kecamatan lain dengan harapan tidak terjadi diskriminasi pelayanan dan senioritas di dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, Disiplin, Kompetensi, Kualitas layanan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:57
Last Modified: 07 Feb 2023 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56060

Actions (login required)

View Item View Item