DESAIN CHEM E-MAGAZINE BERBASIS LIVEWORKSHEET MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 11 SEMARANG


Pratista Nur Lituhayu, 4301418085 (2022) DESAIN CHEM E-MAGAZINE BERBASIS LIVEWORKSHEET MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418085 - Pratista Nur Lituhayu vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Chem e-Magazine berbasis liveworksheet materi koloid yang valid, efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik serta mendapat respon positif dari peserta didik. Metode penelitian ini mengacu Research and Development dengan model pengembangan 4D. Metode pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest, lembar observasi sikap dan keterampilan, lembar angket respon peserta didik. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Semarang. Kelayakan media diukur dengan penilaian validasi ahli dan keterbacaan media. Keefektifan media diukur melalui hasil belajar (kognitif, afektif, psikomotorik). Respon peserta didik digunakkan untuk mengetahui tanggapan peserta didik setelah menggunakan Chem e-Magazine pada pembelajaran. Hasil validasi ahli materi dan media terhadap Chem e-Magazine berturut-turut memiliki skor 37,5 dengan kriteria sangat valid dan 64,5 dengan kriteria sangat valid. Keterbacaan Chem e�Magazine dalam kriteria sangat baik. Uji skala kecil dilakukan di kelas XI MIPA 6 sebanyak 10 peserta didik sedangkan uji skala besar dilakukan di kelas XI MIPA 5 sebanyak 35 peserta didik sebagai subjek penelitian. Hasil analisis uji N�gain diperoleh nilai sebesar 0,67 kategori sedang. Rerata hasil penilaian hasil belajar afektif dan psikomotorik secara berturut-turut bernilai 14 kriteria sangat baik dan 24,01 dengan kriteria sangat baik. Hasil respon peserta didik terhadap media Chem e-Magazine mendapatkan tanggapan yang positif dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan pengembangan Chem e�Magazine valid, efektif, dan mendapatkan respon positif dari peserta didik, serta tingkat hasil belajar berada dalam kriteria tinggi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chem e-Magazine, liveworksheet, hasil belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:47
Last Modified: 07 Feb 2023 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56057

Actions (login required)

View Item View Item