PENGARUH DIMENSI FRAUD PENTAGON TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA PADA SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Negeri Semarang)


Faiza Tuzzahro, Faiza Tuzzahro (2022) PENGARUH DIMENSI FRAUD PENTAGON TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA PADA SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418204 - Faiza Tuzzahro.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kecurangan akademik merupakan suatu perilaku yang dilakukan oleh seseorang dalam rangka mendapatkan suatu pencapaian yang diinginkan dengan tidak menerapkan integritas atau kejujuran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi fraud pentagon yaitu tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kompetensi, dan arogansi terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2019-2021 sejumlah 458 mahasiswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dan didapat sampel sebanyak 145 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa perilaku kecurangan akademik, tekanan, kesempatan, rasionalisasi berada pada kategori cukup tinggi, sedangkan kompetensi dan arogansi berada pada kategori rendah. Variasi perilaku kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Negeri Semarang secara simultan berpengaruh sebesar 53,80% dapat dijelaskan oleh model regresi, sedangkan 46,20% dijelaskan oleh faktor lain. Secara parsial tekanan berpengaruh sebesar 1,32%, kesempatan berpengaruh sebesar 9,24%, rasionalisasi berpengaruh sebesar 2,76%, kompetensi berpengaruh sebesar 8,01%, dan arogansi berpengaruh sebesar 3,57% terhadap perilaku kecurangan akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesempatan, rasionalisasi, dan kompetensi berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa, arogansi memiliki pengaruh negatif terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa, sedangkan tekanan tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa pada sistem pembelajaran online. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, secara simultan dimensi fraud pentagon yaitu tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kompetensi, dan arogansi berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa pada sistem pembelajaran online. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam meminimalisir terjadinya kecurangan akademik adalah dengan memahami dan menerapkan peraturan kampus tentang Etika dan Tata Tertib Mahasiswa, mengatur waktu dalam pembelajaran online, penerapan hukuman bagi pelaku kecurangan, pembekalan kompetensi pengendalian diri pada mahasiswa, memperketat pengawasan, dan pembekalan pendidikan karakter tentang nilai kejujuran pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Kecurangan Akademik, Dimensi Fraud Pentagon.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:47
Last Modified: 07 Feb 2023 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56056

Actions (login required)

View Item View Item