PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI MEMBACA BERMUATAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DITINJAU DARI ASPEK ISI DAN KOGNITIF PADA MATERI ASAM-BASA


Khilda Ayu Lengkanawati, 4301418078 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI MEMBACA BERMUATAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DITINJAU DARI ASPEK ISI DAN KOGNITIF PADA MATERI ASAM-BASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418078 - Khilda Ayu Lengkanawati vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di Indonesia selama masa pandemi COVID-19 mengalami kehilangan pembelajaran literasi, sehingga Kemendikbudristek menghadirkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei lingkungan dan survei karakter yang digunakan untuk mengukur tingkat kognitif literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes literasi membaca bermuatan AKM yang ditinjau dari aspek Isi dan Kognitif pada materi asam-basa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan desain ADDIE yang tahapannya meliputi: analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 1 Cilimus. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar wawancara dan lembar angket untuk mengetahui respon user terhadap instrument tes yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan ada 2 yaitu teknik analisis instrumen tes menggunakan model Rasch dan teknik analisis instrumen non tes yang terdiri atas analisis validitas isi dan estimasi reliabilitas angket. Hasil penelitian mengenai analisis data validator diperoleh instrumen tes literasi membaca sebagai produk pengembangan dinyatakan sangat valid dengan rerata skor 91,33 dari skor total 108. Lembar angket respon siswa dan guru memenuhi kategori sangat valid dengan rerata skor 20,67 dan 21,33 dari masing-masing skor total 24, sehingga angket layak digunakan untuk mengambil data penelitian. Hasil analisis butir soal sebagai produk pengembangan menunjukkan person reliability 0,65 dan 0,69, item reliability 0,50 dan 0,54 pada uji pendahuluan, artinya konsistensi jawaban dari siswa cukup dan kualitas butir soal dalam instrumen aspek reliabilitasnya lemah. Tahap implementasi menunjukkan person reliability 0,78 dan 0,80, item reliability 0,89 dan 0,90 artinya konsistensi jawaban dari siswa cukup dan kualitas butir soal dalam instrumen aspek reliabilitasnya bagus. Estimasi reliabilitas berdasarkan nilai Alpha Cornbach memenuhi kategori bagus dengan nilai 0,75 dan 0,80. Hasil analisis lembar angket respon siswa menunjukkan tanggapan positif dengan proporsi “sangat baik” 47% dan angket respon guru juga menunjukkan tanggapan positif dengan proporsi “sangat setuju” 50% dan “setuju” 50%. Disimpulkan bahwa instrumen tes literasi membaca bermuatan AKM yang ditinjau dari aspek Isi dan Kognitif pada materi asam-basa ini dapat digunakan sebagai referensi soal untuk penilaian pembelajaran kimia berstandar AKM

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asam-Basa, Asesmen Kompetensi Minimum, Literasi Membaca
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:44
Last Modified: 07 Feb 2023 02:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56055

Actions (login required)

View Item View Item