DESAIN E-LKPD ETNOSAINS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK


Muzayyinatin Nihriya, 4301418075 (2022) DESAIN E-LKPD ETNOSAINS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418075 - Muzayyinatin Nihriya vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kelayakan, keefektifan dan respon peserta didik terhadap e-LKPD etnosains berbasis Problem Based Learning pada materi larutan penyangga. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Juwana. Prosedur pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket keterbacaan, angket respon peserta didik, dan soal pretest�posttest untuk mengukur literasi kimia peserta didik. Pada penelitian ini, hasil uji validasi diperoleh rata-rata 97,66% dan uji keterbacaan sebesar 88,3%, keduanya memenuhi kriteria kevalidan. Hasil keefektifan memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan klasikal 75% dan hasil respon peserta didik diperoleh rata-rata 85,8% dengan kriteria sangat positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e�LKPD etnosains berbasis PBL ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran serta mendapatkan respon yang sangat positif dari peserta didik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, Etnosains, Problem Based Learning, Literasi Kimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:39
Last Modified: 07 Feb 2023 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56052

Actions (login required)

View Item View Item