DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA


Muhammad Dhiyaulkhaq, 4301418073 (2022) DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418073 - Muhammad Dhiyaulkhaq vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Kesulitan belajar sering dialami siswa dalam menunjang pendidikannya, sehingga di era yang sekarang ini diharapkan bisa mengkolaborasikan ilmu pendidikan dan teknologi yang semakin maju dengan merancang media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar. Salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa dan dapat dikembangkan menggunakan teknologi, yaitu kimia. Pemanfaatan teknologi untuk suatu pembelajaran, guru dapat merancang media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kimia dengan memanfaatkan mobile learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan efektivitas media pembelajaran berbasis android pada materi tata nama senyawa kimia. Penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall dengan tahapan yang dimulai dari: (1) pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk,(4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan utama. Pelaksanaan penelitian ini di salah satu SMA Negeri dalam kota semarang dengan sampel uji coba lapangan awal sebanyak 10 siswa kelas XI MIPA 6 dan sampel uji coba lapangan utama sebanyak 33 siswa kelas X MIPA 4. Penelitian ini valid dan efektif diujikan pada mata pelajaran kimia. Validitas media ini diukur oleh validator dari 2 ahli materi dan 2 ahli media dengan rata�rata persentase nilai validitas sebesar 94,80 % dengan kriteria sangat baik sehingga dapat dinyatakan bahwa media ini valid dan dapat digunakan dengan nilai validitas lebih dari atau sama dengan 61 %. Efektivitas media ini diukur menggunakan soal post-test dengan persentase ketuntasan KKM sebesar 87,88 % dalam nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) siswa sebesar 75 sehingga dapat dinyatakan bahwa media ini efektif dengan persentase ketuntasan KKM melebihi atau sama dengan 75 %

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penelitian R&D, Media Pembelajaran, Tata Senyawa Kimia, Androi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:34
Last Modified: 07 Feb 2023 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56050

Actions (login required)

View Item View Item