PENGARUH RELIABILITY, EMPATHY, ASSURANCE DAN RESPONSIVENESS PARTNERSHIP OFFICER TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DI CV PSYLUTION INDONESIA


Meida Safitri, 7101418203 (2022) PENGARUH RELIABILITY, EMPATHY, ASSURANCE DAN RESPONSIVENESS PARTNERSHIP OFFICER TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DI CV PSYLUTION INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418203 - Meida Safitri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas layanan humas merupakan hal yang menjadi ukuran keberhasilan dari suatu organisasi. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu terdapat kesenjangan antara harapan pihak yang mengajukan kerjasama media partner di CV. Psylution Indonesia terhadap kualitas partnership yang diberikan. Hal ini dapat dilihat dari pengaduan atau penyampaian ketidakpuasan, ketidaknyamanan, kejengkelan, dan kemarahan atas pelayanan partnership yang buruk. Hal ini menjadikan kesan yang buruk bagi CV. Psylution Indonesia. Keakuratan pelayanan masih kurang, perhatian secara personal dinilai belum memenuhi harapan klien, jaminan pembayaran masih sangat kurang karena tidak adanya konfirmasi, serta durasi respon yang masih cukup lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara reliability, empathy, assurance dan responsiveness terhadap citra perusahaan di CV. Psylution Indonesia. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh klien yang mengajukan kerjasama media partner kepada CV. Psylution Indonesia periode bulan Mei 2021 hingga bulan April 2022 (satu periode). Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 88 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probably Sampling dengan Proporsional random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket (kuesioner). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda sebagai berikut Y = 5,614 + 0,238 X1 + 0,175 X2 + 0,226 X3 + 0,262 X4 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan variabel reliability, empathy, assurance dan responsiveness terhadap citra perusahaan sebesar 67,4%. Variabel dengan pengaruh terbesar terhadap kualitas layanan yaitu variabel responsiveness 7,67%. Variabel reliability 7,18%, assurance dengan pengaruh sebesar 6,91%, dan variabel empathy sebesar 5,11%. Simpulan dalam penelitian ini adalah kualitas layanan partnership officer di CV. Psylution Indonesia dapat ditingkatkan dengan meningkatkan keakuratan, durasi respon, dan perhatian personal terhadap pihak yang mengajukan kerjasama media partner. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Partnership officer melakukan evaluasi terhadap keakuratan pelayanan (2) Partnership officer CV. Psylution Indonesia membuat google form pengajuan kerjasama (3) CV. Psylution Indonesia mengadakan orientasi terhadap pegawai/magang, serta (4) Menambah SDM partnership officer yang melakukan perekapan media partner masuk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Citra Perusahaan, Kualitas Layanan, Hubungan Masyarakat, Partnership
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:43
Last Modified: 07 Feb 2023 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56049

Actions (login required)

View Item View Item