PENGEMBANGAN E-MODUL BERPENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI


Miranda Cornelia Argata, 4301418072 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERPENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418072 - Miranda Cornelia Argata vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul, menguji kelayakan dan keefektifan serta mengetahui tanggapan peserta didik dan guru terhadap e-modul berpendekatan chemoentrepreneurship untuk melatih kemampuan berpikir kreatif pada materi Hidrolisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan tahapan pengembangan 4D yang direduksi. Subject penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIPA SMA Kesatrian 2 Semarang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kajian pustaka, wawancara, observasi, angket dan tes. Teknik analisis data kelayakan e-modul dilakukan dengan validasi ahli materi, ahli media dan dari hasil tanggapan peserta didik dan guru. Keefektifan e-modul dilakukan dengan uji ketuntasan klasikal dan uji N-Gain. Hasil validasi oleh ahli materi mendapat skor 86% dengan kategori sangat layak dan validasi ahli media 87% dengan kategori sangat layak. Hasil ketuntasan klasikal sebesar 82,4% dan rerata hasil uji N-gain sebesar 0,59 dengan kategori “sedang”. Hasil tanggapan peserta didik memperoleh skor rata-rata 86,58% dengan kategori sangat baik. Hasil tanggapan guru mendapatkan tanggapan positif dengan memperoleh skor 85% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa e-modul berpendekatan chemoentrepreneurship layak digunakan, efektif untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa dan mendapatkan tanggapan positif dari peserta didik dan guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Chemoentrepreneurship, E-Modul, Hidrolisis
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:32
Last Modified: 07 Feb 2023 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56048

Actions (login required)

View Item View Item