PENGEMBANGAN E-MODUL FLIP BOOK MULTI REPRESENTASI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT TERINTEGRASI ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA


Candrawulan Primadianningsih, 4301418070 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL FLIP BOOK MULTI REPRESENTASI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT TERINTEGRASI ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418070 - Candra Primadianningsih vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan e-modul ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan e-modul flip book multi representasi terintegrasi entosains untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Metode penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D yang terdiri atas tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Cepu Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pendahuluan, instrument tes, angket kepraktisan dan angket respons penggunaan e-modul oleh guru serta peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memiliki karakteristik berupa berdiri sendiri, memuat aspek multi representasi, dan terintegrasi etnosains batik Cepu. E-modul dinilai valid oleh validator dengan skor rata-rata kelayakan isi 87,5% dan kelayakan media 90%. Angket keterbacaan menunjukan e-modul yang dikembangkan mendapat tingkat keterbacaan tinggi. Hasil analisis angket respon siswa menunjukkan nilai yang positif dengan persentase 92,11% dan guru memberikan tanggapan 100% sangat baik. E-modul flip book multi represesntasi terintegrasi etnosains yang dikembangkan dinyatakan efektif karena (1) terdapat peningkatan rerata hasil pretest dan posttest dari 59 menjadi 81, (2) terdapat peningkatan ketuntasan klasikal peserta didik pada nilai pretest dan posttest dari 60% menjadi 94%, (3) terdapat peningkatan hasil pencapaian indikator pemahaman konsep pada data pretest dan posttest berturut�turut sebesar 78% dan 82%. Hasil analisis angket kepraktisan menunjukkan bahwa e-modul memperoleh persentase sebesar 81,62 % dengan kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Multi representasi, Etnosains, Pemahaman konsep.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:30
Last Modified: 07 Feb 2023 02:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56046

Actions (login required)

View Item View Item