DESAIN E-LABORATORY INSTRUCTION BERMUATAN KARAKTER KONSERVASI PADA LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENGANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS


Hilda Putri Ainunnisa, 4301418067 (2022) DESAIN E-LABORATORY INSTRUCTION BERMUATAN KARAKTER KONSERVASI PADA LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENGANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418067 - Hilda Putri Ainunnisa vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan karakter konservasi peserta didik dari penggunaan e-laboratory instruction berbasis blended learning pada larutan penyangga untuk menganalisis KPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE, ADDIE merupakan singkatan yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, evalution. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes, metode angket. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian berupa lembar wawancara, lembar penilaian, lembar observasi, lembar soal. Hasil penelitian diperoleh bahwa e-laboratory instruction berbasis blended learning pada larutan penyangga dinyatakan layak berdasarkan jumlah persentase dari validator I didapatkan nilai 97,50% yang termasuk kedalam kriteria sangat layak. Sedangkan untuk rekapitulasi hasil validasi oleh validator II diperoleh nilai 100% termasuk kedalam kriteria sangat layak. Hasil perhitungan dari nilai posttest dan pretest untuk mencari hasil N-Gain score didapatkan hasil sebesar 59,02% yang menunjukkan kriteria cukup efektif. Hasil observasi digunakan untuk perhitungan hasil reabilitas total didapatkan nilai sebesar 0,718538 hasil nilai tersebut termasuk kedalam kriteria reliabilitas tinggi. Dapat disimpulan bahwa e�laboratory instruction berbasis blended learning pada larutan penyangga mampu meningkatkan keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: blended learning, e-laboratory instruction, KPS, larutan penyangga
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:28
Last Modified: 07 Feb 2023 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56045

Actions (login required)

View Item View Item