PENGARUH GAYA HIDUP DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA SEBAGAI MODERASI (Studi Empiris Pada Siswa Jurusan IPS SMA N 2 Slawi


Retno Puji Astrini, 7101418200 (2022) PENGARUH GAYA HIDUP DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA SEBAGAI MODERASI (Studi Empiris Pada Siswa Jurusan IPS SMA N 2 Slawi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418200 - Retno Puji Astrini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan tindakan membeli barang atau jasa secara berlebihan tanpa didasarkan pada rasionalitas, lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan. Perilaku konsumtif dapat diakibatkan oleh adanya perubahan pola hidup pada individu dan dorongan dari lingkungan. Perilaku konsumtif pada remaja terjadi karena karakteristik psikologi remaja yang berada dalam proses pencarian jatidiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif dengan konformitas teman sebaya sebagai variabel moderasi pada siswa jurusan IPS di SMA N 2 Slawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitaian adalah kausalitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X dan XI Jurusan IPS SMA N 2 Slawi tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 288 siswa dan sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 168 siswa menggunakan rumus inverse square root methods. Teknik pengambilan sampel adalah proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif dan SEM-PLS. Hasil analisis deskriptif pada penelitian ini menunjukan rerata nilai indeks perilaku konsumtif adalah 83% kategori tinggi, gaya hidup dengan rerata nilai indeks 83% kategori tinggi, variabel literasi ekonomi dengan nilai rerata nilai indeks 71% kategori tinggi, dan konformitas teman sebaya dengan rerata nilai indeks 74% pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh (1) gaya hidup sebesar 38%, (2) literasi ekonomi sebesar 13,1% (3) konformitas teman sebaya dalam memoderasi gaya hidup sebesar 14,9%. (4) konformitas teman sebaya tidak mampu memoderasi pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif. Hasil persamaan regresi Y = 0,380X1-0,131X2+0,149Z*X1+0,07Z*X2 dengan koefisien determinansi sebesar 0,335 yang artinya semua variabel konstruk secara serentak mempengaruhi variabel dependen sebesar 33,5% Berdasarkan temuan tersebut disarankan kepada : (1) Guru dapat lebih intens dalam memberikan bimbingan dan meningkatkan kesadaran siswa untuk meminimalisir perilaku konusmtif. (2) siswa diharapkan mampu membuat skala prioritas ketika akan melakukan kegiatan konsumsi dan, (3) siswa diharapkan dapat lebih bijak dalam menyikapi pengaruh dari lingkungan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya hidup, Literasi Ekonomi, Konformitas Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:28
Last Modified: 07 Feb 2023 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56043

Actions (login required)

View Item View Item