DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK MENGEMBANGKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI LARUTAN PENYANGGA


Arul Erlangga, 4301418058 (2022) DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK MENGEMBANGKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418058 - Arul Erlangga vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Kimia adalah materi yang mencakup konsep abstrak sehingga perlu memvisualisasikan kedalam representasi kimia (makroskopik, mikroskopik dan simbolis). Representasi ini perlu dimuat dalam sebuah sumber belajar seperti contohnya LKPD. LKPD perlu dikombinasikan dengan salah satu model pembelajaran yang dianjurkan K-13 seperti model pembelajaran discovery learning. LKPD dengan model discovery learning membuat peserta aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. LKPD ini juga berbasis multipel representasi untuk memvisualkan materi abstrak dalam bentuk representasi. LKPD model discovery learning berbasis multipel representasi bertujuan mengembangkan ketrampilan berpikir kritis pada materi larutan penyangga. Programme for International Student Assesment 2018 berpikir kritis peserta didik tergolong rendah. Tujuan penelitian ini mengembangkan LKPD menggunakan model discovery learning dan berbasis multipel representasi untuk mengembangkan ketrampilan berpikir kritis peserta didik materi larutan penyangga. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan model 3D (Define, Design dan Development). Hasil penelitian LKPD model discovery learning berbasis multipel representasi untuk mengembangkan ketrampilan berpikir kritis peserta didik dalam materi larutan penyangga memiliki karakteristik dengan penyusunan kegiatan LKPD menggunakan sintaks model discovery learning dan berbasis multipel representasi (makroskopik, mikroskopik dan simbolik). Hasil pengembangan LKPD dinyatakan valid dengan kriteria layak berdasarkan penilaian validasi ahli materi dan media. LKPD model discovery learning berbasis multipel representasi dinyatakan efektif dalam mengembangkan ketrampilan berpikir kritis dilihat dari hasil rerata N-gain peserta didik dengan kriteria sangat baik dan hasil rata-rata N-Gain 0,75 yang berarti hasil keefektifan tinggi. Respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD sangat baik dalam aspek keterbacaan, penyajian, keaktifan, discovery learning, multipel representasi dan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penyajian, keaktifan, discovery learning, multipel representasi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:22
Last Modified: 07 Feb 2023 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56042

Actions (login required)

View Item View Item