DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI HIDROLISIS GARA


Alfian Noor Maulana, 4301418041 (2022) DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI HIDROLISIS GARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418041 - Alfian Noor Maulana vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kritis adalah salah satu keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki oleh peserta didik. Hasil observasi di SMA N 2 Ungaran menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan keaktifan peserta didik masih rendah khususnya pada mata pelajaran kimia. LKPD merupakan media pembelajaran yang bisa melatih berpikir kritis. POGIL adalah salah satu model pembelajaran yang bisa menuntut keakatifan peserta didik dengan melakukan kegiatan pembelajaran secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangkan LKPD berbasis POGIL yang layak serta melatih keterampilan peserta didik khususnya pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan LKPD berupa ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil validasi materi LKPD oleh validator materi 1,2, dan 3 berturut-turut adalah 113; 112; dan 93 dengan keterangan layak. Hasil validasi media LKPD oleh validator 1,2,dan 3 berturut-turut 162;156; dan 147 dengan keterangan layak. Hasil angket respon menunjukkan 16 peserta didik memberi penilaian sangat praktis dan 20 peserta didik memberi nilai praktis. Keefektifan LKPD dalam melatih berpikir kritis melalui tes menunjukkan hasil ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan keterangan sangat baik dan nilai rata-rata tes peserta didik sebesar 92,78. Berdasarkan data yang telah dihimpun menunjukkan bahwa LKPD POGIL layak, praktis, dan efektif digunakan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD, POGIL, Berpikir Kritis, Hidrolisis Garam
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:04
Last Modified: 07 Feb 2023 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56035

Actions (login required)

View Item View Item