PENGEMBANGAN E-LKPD BERMUATAN ETNO-STEM DALAM PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGANALISIS PROFIL LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK


Rahma Annisa Izzania, 4301418037 (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERMUATAN ETNO-STEM DALAM PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGANALISIS PROFIL LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418037  - Rahma Annisa Izzania vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah penerapan kurikum 2013 yang berorientasi pada pembelajaran abad 21 yang membutuhkan salah satu keterampilan penting diantaranya adalah literasi kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-LKPD serta melatih keterampilan literasi kimia peserta didik pada materi larutan elektrolit non elektrolit. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development dengan desain penelitian 4D yang terdiri dari Define, Design, Development, dan Dissemination, serta Dissemination. Kelayakan E-LKPD dapat dilihat melalui penilaian para ahli yang menunjukkan hasil validasi materi sebesar 87% dan validasi media sebesar 96,25% dalam kategori “Sangat Layak”. Kepraktisan dapat dilihat melalui hasil angket respon peserta didik yang mendapatkan hasil sebesar 86,20% dalam kategori “Sangat Praktis”. Literasi kimia peserta didik dianalisis berdasarkan aspek konten, konsteks, dan kompetensi. Analisis literasi kimia peserta didik pada aspek konten mendapatkan hasil sebesar 85,45% dalam kategori “Baik”. Analisis literasi kimia peserta didik pada aspek konteks mendapatkan hasil sebesar 85,45% dalam kategori “Baik”. Analisis literasi kimia peserta didik pada aspek kompetensi mendapatkan hasil sebesar 80% dalam kategori “Baik”. Secara keseluruhan persentase rata – rata literasi kimia peserta didik yaitu sebesar 83,32% dalam kategori “Baik”. Berdasarkan penelitian, E-LKPD bermuatan Etno-STEM menggunakan model pembelajaran problem based learning dinyatakan layak, mendapatkan respon positif dari peserta didik, dan efektif dalam menganalisis literasi kimia peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, etno-STEM, Problem Based Learning, Literasi Kimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:02
Last Modified: 07 Feb 2023 02:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56034

Actions (login required)

View Item View Item