DESAIN LKPD BERBASIS MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA
Alya Qothrunnada, 4301418033 (2022) DESAIN LKPD BERBASIS MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Peserta didik dalam menghadapi tantangan abad-21 perlu dibekali keterampilan untuk menghadapi permasalahan yang ada dikehidupan sehari-hari, salah satunya adalah keterampilan berpikir kreatif. Guru dalam pembelajaran selain memperhatikan keterampilan peserta didik juga harus memperhatikan kecerdasan setiap peserta didik salah satunya adalah kecerdasan interpersonal. Kecerdasan setiap peserta didik perlu ditingkatkan untuk membantu siswa memecahkan masalah dan berkontribusi untuk orang lain. Hasil wawancara dengan guru kimia SMA N 1 Limbangan menunjukkan bahwa selama pembelajaran daring peserta didik jarang berinteraksi dengan temannya dan produk yang dihasilkan kurang maksimal dan cenderung sama. Kesulitan tersebut karena pembelajaran cenderung berpusat pada guru, sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain LKPD berbasis model search, solve, create, and share (SSCS) dan menganalisis kelayakan serta keefektifan LKPD. LKPD yang dibuat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kecerdasan interpersonal siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan desain penelitian 4D (define, design, development, and disseminate). Subjek penelitian adalah kelas X MIPA SMA Negeri 1 Limbangan, kabupaten Kendal. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan angket. LKPD berbasis model search, solve, create, and share (SSCS) yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan yaitu diperoleh dari hasil validasi oleh ahli, angket keterlaksanaan dan tanggapan peserta didik terhadap LKPD yaitu dengan persentase hasil diperoleh rata-rata berturut-turut sebesar 93,13%; 90,84%; dan 84,14% dengan kategori sangat layak. Keefektifan LKPD telah dianalisis dan didapatkan bahwa LKPD efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan skor rata-rata N-gain sebesar 0,57 pada kategori sedang dan kecerdasan interpersonal siswa diperoleh nilai rata-rata 84,61 dengan kategori sangat baik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, SSCS, kreatif, interpersonal |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 01:56 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 01:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56031 |
Actions (login required)
View Item |