PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG DI TAHUBAXO IBU PUDJI UNGARAN


Dinda Novianti, 7101418199 (2022) PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG DI TAHUBAXO IBU PUDJI UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418199  - Dinda Novianti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Minat beli ulang adalah perilaku konsumen untuk membeli kembali produk yang sama di waktu yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen, citra merek, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang di TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran. Minat beli ulang dalam penelitian ini dipengaruhi oleh tiga hal yaitu kepuasan yang dirasakan oleh konsumen pada pembelian sebelumnya, citra merek yang melekat pada produk TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran yang merupakan pelopor produsen tahu bakso yang terkenal sebagai ciri khas dari kota Ungaran, serta kualitas pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran yang sudah melakukan transaksi minimal satu kali. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan pendekatan kuantitatif dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunkan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda dengan program IBM SPSS Statistics version 26 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen, citra merek, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap minat beli ulang sebesar 68,5%, sedangkan secara parsial kepuasan konsumen berpengaruh terhadap minat beli ulang sebesar 17,6%, citra merek berpengaruh terhadap minat beli ulang sebesar 7,6%, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap minat beli ulang sebesar 10,1%. Saran yang diberikan bagi pihak TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran adalah agar memberikan penawaran yang lebih menarik seperti menciptakan variasi produk yang lebih beragam, memberikan promo serta potongan harga untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Mengoptimalkan upaya untuk membentuk citra merek yang baik di dalam benak konsumen dengan meningkatkan prestasi khususnya di bidang kuliner, melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi sesama, menjaga kualitas produk serta meningkatkan pelayanan baik dari segi kemampuan karyawan dalam melayani konsumen, kondisi ruangan, dan ketersediaan fasilitas-fasilitas yang dapat mempengaruhi minat beli ulang konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Minat Beli Ulang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:54
Last Modified: 07 Feb 2023 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56027

Actions (login required)

View Item View Item