PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM TERINTEGRASI ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN INTERPERSONAL PADA MATERI REAKSI REDOKS


Khalimatus Sya’diyah, 4301418016 (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM TERINTEGRASI ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN INTERPERSONAL PADA MATERI REAKSI REDOKS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418016 -  Khalimatus Sya'diyah vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan abad 21, bidang pendidikan sangat erat dengan ilmu kimia. Pembelajaran kimia memadukan hafalan, perhitungan, dan konsep pemahaman mengenai permasalahan serta terdapat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik mampu memahami pembelajaran dari setiap materi kimia. Hasil wawancara dan observasi dengan guru kimia menyatakan bahwa hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Suranenggala Cirebon pada materi Reaksi Redoks masih rendah hanya sekitar 60%, karena peserta didik kesulitan dalam menentukan bilangan oksidasi, menuliskan persamaan reaksi dan kurangnya berlatih dalam mengerjakan latihan soal yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami materi. Pembelajaran kimia dikelas guru belum menerapkan pembelajaran secara pemecahan masalah, komunikasi antar kelompok dan bekerja sama serta memahami peserta didik dalam kegiatan diskusi dan praktikum belum dilakukan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning terintegrasi etnosains pada materi Reaksi Redoks, mengetahui kelayakan dan keefektifan LKPD. Lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dirancang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan interpersonal pada materi Reaksi Redoks. Penelitian ini menggunakan pengembangan R&D menggunakan metode 3-D yaitu Define, Design, dan Develop. Subjek pada penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 1. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Suranenggala Cirebon pada bulan Maret sampai Mei 2022. Metode pengumpulan data dilakukan dengan lembar wawancara, observasi kecerdasan interpersonal, angket keterbacaan dan respon peserta didik. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu kelayakan dan keefektifan, serta hasil keterbacaan dan respon peserta didik. Hasil validasi ahli, keterbacaan, respon peserta didik, rata-rata persentase sebesar 85%, 87%, dan 91%. Keterbacaan LKPD pada uji coba skala kecil diperoleh rata-rata persentase sebesar 86% termasuk kategori sangat baik dan angket respon peserta didik terhadap LKPD pada uji skala besar diperoleh rata-rata persentase sebesar 86% termasuk kategori sangat baik. LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pretest-postest dengan hasil N-Gain aspek kognitif sebesar 0,59 termasuk kategori sedang. Kecerdasan interpersonal meningkat pada kegiatan diskusi dan praktikum diperoleh persentase rata-rata sebesar 84,93% termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan interpersonal pada materi Reaksi Redoks

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem, etnosains,kognitif, interpersonal
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:49
Last Modified: 07 Feb 2023 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56026

Actions (login required)

View Item View Item