ADAPTASI SISWA DALAM PENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMATIKA PADA PROSES PEMBELAJARAN PRAKTIK TARI KELAS X DAN XII DI SMKN 3 BANYUMAS


Rifni Alam Nurhanifah, 2501418118 (2022) ADAPTASI SISWA DALAM PENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMATIKA PADA PROSES PEMBELAJARAN PRAKTIK TARI KELAS X DAN XII DI SMKN 3 BANYUMAS. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2501418118 - Rifni Alam Nurhanifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang masuk di Indonesia mengakibatkan proses pembelajaran praktik tari di SMKN 3 Banyumas berubah dari pembelajaran luring ke dalam pembelajaran daring dengan memanfaatkan teknologi informatika yang ada. Perubahan yang terjadi menuntut siswa untuk dapat beradaptasi terhadap kebiasaan baru yang berhubungan dengan teknologi informatika untuk keberlangsungan proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses adaptasi siswa Di SMKN 3 Banyumas dalam penggunaan teknologi informatika pada proses pembelajaran praktik tari secara daring serta apa saja faktor pendorong dan penghambat adaptasi siswa dalam penggunaan teknologi informatika pada proses pembelajaran praktik tari di SMKN 3 Banyumas. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang dilakukan peneliti menggunakan uji trangulasi data dengan membandingkan kesesuaian antara data hasil wawancara dengan observasi dan membandingkan kesesuaian antara teori yang digunakan dalam peneliti dengan data kondisi di lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMKN 3 Banyumas menunjukan bahwa proses adaptasi siswa di SMKN 3 Banyumas dalam menghadapi teknologi informatika pada proses pembelajaran praktik tari bersifat pasif. Siswa hanya beradaptasi terhadap lingkungannya dan hasil adaptasi siswa belum dapat memberi perubahan terhadap lingkungannya. Interaksi yang terjalin antar siswa menumbuhkan semangat antar individu menjadi faktor pendorong adaptasi siswa. Kurangnya usaha dan pemahaman siswa dalam pemanfaatan teknologi informatika dalam proses pembelajaran praktik tari menjadi faktor penghambat dalam adaptasi siswa. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti dari hasil penelitian yang dilakukan di SMKN 3 Banyumas adalah siswa diharapkan untuk terus aktif dalam mencari informasi terkait teknologi informatika yang dapat dimanfaatkan sebagai media belajar dan media pembelajarn. Siswa juga diharapkan untuk terus meningkatkan kemampuan ketrampilannya dan mempertahankan konsistensinya dalam kegiatan latihan agar dapat terus meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Teknologi Informatika, Pembelajaran Tari
Subjects: L Education > Educational Institutions
N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:11
Last Modified: 07 Feb 2023 02:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56025

Actions (login required)

View Item View Item