PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN MODEL PjBL TERINTEGRASI STEM DAN CEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK


Vina Durrotul Azizah, 4301418011 (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN MODEL PjBL TERINTEGRASI STEM DAN CEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301418011 - Vina Durrotul Azizah vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang menuntut peserta didik aktif untuk memecahkan suatu masalah dan memiliki materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, oleh karena itu diperlukan pengembangan lembar kerja yang dapat mendukung peserta didik aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD materi Larutan Penyangga menggunakan model PjBL terintegrasi STEM dan CEP untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dan tanggapan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research dan Development (RnD) dengan desain ADDIE model, yang tahapannya Analysis, Design, Implementation and Evaluation. Subjek pada penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 5 dan XI MIPA 7. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Demak. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, kuesioner dan tes. Instrumen pada penelitian ini yaitu E�LKPD menggunakan model PjBL terintegrasi STEM dan CEP materi Larutan Penyangga, lembar wawancara, lembar validasi rancangan produk penelitian, soal pretest dan posttest, lembar observasi keterampilan, lembar angket sikap wirausaha peserta didik dan lembar angket tanggapan pengguna E-LKPD. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu kelayakan dan keefektifan, serta hasil respon pengguna. Kelayakan E-LKPD dianalisis dari validasi materi dan validasi media. Keefektifan E-LKPD dianalisis dari hasil belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotorik peserta didik. Kepraktisan E-LKPD dianalisis dari lembar angket tanggapan guru dan peserta didik terhadap E-LKPD setelah proses pembelajaran selesai dilaksanakan. Hasil uji kelayakan E-LKPD validasi ahli materi sebesar 91,2% dan ahli media sebesar 96% pada kategori sangat baik. E-LKPD layak untuk digunakan juga dibuktikan dari hasil uji skala kecil dengan perolehan rata-rata sebesar 97,8 % pada kriteria sangat baik. Hasil ketuntasan belajar Kognitif uji n-gain yang telah ditunjukkan menunjukkan n-gain 0,69 dengan kriteria sedang dan ketuntasan secara klasikal sebesar 84,85%. Hasil belajar Psikomotorik peserta didik diperoleh sebesar 87,60% berada pada kategori sangat baik. Hasil belajar Afektif peserta didik didapatkan rata-rata persentase penilaian sebesar 88,34% berada pada kategori sangat baik.Tanggapan pengguna E-LKPD berada pada kriteria sangat baik dengan persentase tanggapan guru kimia sebesar 97,50% dan persentase rata-rata peserta didik sebesar 92,78%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa E�LKPD menggunakan model PjBL terintegrasi STEM dan CEP layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik serta mendapatkan respon yang sangat positif dari peserta didik. Pengembangan E-LKPD menggunakan model

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hemo-entrepreneurship, hasil belajar, Larutan penyangga, lembar kerja peserta didik, Project Based Learning, STEM
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:43
Last Modified: 07 Feb 2023 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56022

Actions (login required)

View Item View Item